Ketua PN Batam Apresiasi Wali Kota Batam atas Ucapan HUT MA ke-76
Oleh : Paskalis Rianghepat
Senin | 23-08-2021 | 12:21 WIB
PN-Batam11.jpg
Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam, Sri Endang Amperawati. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam, Sri Endang Amperawati memberikan apresiasi kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota Batam dan semua unsur Forkopimda atas ucapan serta doa pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung RI yang ke-76 pada tanggal 19 Agustus 2021 lalu.

"Mewakili keluarga besar Pengadilan Negeri (PN) Batam, Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota Batam dan semua unsur Forkopimda atas ucapan serta doa dalam peringatan HUT Mahkamah Agung (MA) RI yang ke-76," kata Ketua PN Batam, Sri Endang Amperawati melalui keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Sri mengatakan, upacara peringatan HUT Mahkamah Agung (MA) RI yang ke-76 dengan tema 'Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan Melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi' dilaksanakan secara virtual dari Gedung Mahkamah Agung RI di Jakarta.

Masih kata Sri, pada tahun 2021 ini keluarga besar Pengadilan Negeri (PN) Batam tidak menggelar acara syukuran untuk memperingati HUT Mahkamah Agung (MA) RI yang ke-76 lantaran kondisi Negara Indonesia masih dilanda wabah Covid-19.

"Tahun ini, Kami (Warga PN Batam) tidak menyelenggarakan upacara peringatan HUT Mahkamah Agung, sebab kondisi Kota Batam khususnya masih dalam pandemi Covid-19," ujarnya.

Tidak dilaksanakannya upacara peringatan HUT Mahkamah Agung di PN Batam, kata Sri, merupakan tindaklanjut dari instruksi Ketua MA kepada seluruh Pengadilan untuk mengikuti pacara Peringatan HUT Mahkamah Agung Ke-76 Tahun 2021 secara virtual dari gedung Mahkamah Agung.

Berdasarkan arahan tersebut, kata dia, MA menginstruksikan agar seluruh Pengadilan tidak menyelenggarakan upacara di kantor masing-masing, namun wajib mengikuti upacara peringatan secara virtual dari gedung Mahkamah Agung dan dapat diikuti secara bersama-sama di ruang atau area tertentu dengan mempertimbangkan jarak aman antar peserta.

"HUT MA tahun ini, PN Batam tidak menyelenggarakan acara khusus. Kami hanya mengikuti upacara peringatan secara virtual dari gedung Mahkamah Agung," kata Sri lagi.

Sri pun berharap di Hari Ulang Tahun (HUT) MA yang ke-76, kinerja Pengadilan Negeri (PN) Batam dalam penyelenggaraan peradilan lebih ditingkatkan lagi dan harus lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya.

Dalam menjalankan sistem peradilan, lanjut Sri, warga PN Batam harus menjunjung tinggi aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan, karena dalam menegakkan keadilan, kemandirian lah yang menjadi jantungnya, sekaligus juga sebagai detak nadinya.

"Sekali lagi, Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Wali Kota Batam beserta jajarannya atas ucapan dan doa dalam peringatan HUT Mahkamah Agung (MA) RI yang ke-76. Semoga dengan doa dan ucapan itu, kinerja Pengadilan Negeri (PN) Batam lebih baik lagi di masa yang akan datang," pungkasnya.

Editor: Yudha