Gereja HKBP Batam Gelar Upacara HUT ke-76 dengan Pakaian Adat Batak
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-08-2021 | 21:12 WIB
A-HUT-HKBP-BATAM.jpg
Para jamaat Gereja HKBP Batam Gelar Upacara HUT ke-76 dengan pakaian adat Batak. (Foto: Agus)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 digelar di lapangan parkir Gereja HKBP Batam Lubuk Baja berlangsung khidmad, Selasa, (17/8/2021)

Meski langit mendung dan mulai diwarnai rintik hujan, namun semangat peserta upacara yang terdiri dari jamaat dan muda-mudi gereja HKBP Batam tetap bersemangat. Upacara pun berjalan lancar dan penuh sukacita menyanyikan lagu kemerdekaan.

Peringatan hari kemerdekaan ini dipimpin Pendeta Belman Hutahaean M.Div, selaku inspektur upacara. Mengenakan stelan jas yang dibalut ulos yang merupakan kain tenun khas batak serta penutup kepala budaya Batak (sortali).

Komandan upacara, Luhut Sidauruk, mewakili lansia, menjadi perhatian menarik dan terlihat unik. Meski demikian, ia adalah seorang purnawirawan TNI berpangkat Kapten (Inf).

Dalam amanatnya, Pdt.Belman Hutahaean, M.Div menyampaikan bahwa kemajuan suatu bangsa tidak hanya diukur dari aspek pemyelenggaraan pemerintahan saja, melainkan juga diukur dari tingkat kemajuan dan kemakmuran masyarakatnya.

"Kemajuan masyarakat merupakan akumulasi dari kerja keras dan karya bersama antara pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat dalam gereja serta terhadap agama," ujar Belman Hutahaean.

Pendeta Belman mengingatkan, agar jemaat tidak cepat berpuas diri dengan kemajuaj pembangunan yang telah dicapai selama ini. Namun kemajuan hendaknya dijadikan motivasi sembari melakukan evaluasi untuk melangkah kedepan mempersembahkan yang terbaik bagi daerah kota Batam.

"Masih banyak yang perlu kita kerjakan dan membutuhkan kepedulian dan tanggungjawab kita bersama guna melawan wabah pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia dan negara kita Indonesia sampai saat ini belum juga reda," lanjut Belman Hutahaean.

Melalui momentum hari ulang tahun kemerdekaan ini mengajak seluruh warga gereja HKBP menggunakan seluruh energi dan potensi untuk melakukan yang terbaik bagi gereja dan kota Batam. Tentunya mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan kesehatan untuk memperkecil penularan dari wabah virus corona.

Selain menggelar upacara hari kemerdekaan, para jemaat HKBP Batam juga berbagi tali kasih terhadap warga yang terhimbas wabah Covid-19 melalui perlombaan yang unik dan lucu.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Pendeta Josua Togatorop, S.Th  mengapresiasi kelangsungan upacara berjalan hikmat dan disiplin. Setiap peserta upacara melaksanakan prokes yang cukup ketat, misalnya setiap peserta wajib dicek suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan kemudian mengambil posisi yang telah diaturkan oleh panitia.

Pendeta Josua Togatorop tetap menghimbau warga jemaat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk mau divaksin,gereja juga telah di pilih menjadi tempat penyelenggaraan program percepatan vaksinasi.

"Pihak majelis gereja HKBP Batam bersedia membantu program pemerintah guna percepatan vaksinasi pertama maupun kedua," imbuh Pendeta Josua Togatorop.

Dalam waktu dekat ini pihak gereja HKBP Batam,dinas kesehatan Pemko Batam dan Polsek Lubuk Baja akan menyelengarakan vaksinasi kedua dan pengecekan kesehatan dari wabah Covid-19 dengan menggunakan antigen gratis.

Editor: Dardani