Hari Ini, Belasan Ribu Nakes di Kepri Lakukan Vaksinisasi Dosis III
Oleh : Putra Gema
Senin | 09-08-2021 | 16:56 WIB
ansar-nakes.jpg
Gubernur Kepri, Ansar Ahamad saat meninjau vaksinasi dosis III bagi Nakes di RS Hajah Bunda Halimah Batam, Senin (9/8/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau lakukan vaksinisasi dosis III untuk tenaga kesehatan (nakes) secara serentak di seluruh kabupaten dan kota.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, pelaksanaan vaksinisasi dosis III untuk nakes ini dikarenakan masih banyaknya nakes yang telah melakulan vaksinisasi dosis II terpapar Covid-19.

Dengan begitu, maka diperlukan intervensi vaksinasi dosis ketiga bagi para SDM kesehatan yang dihadapkan dengan risiko tinggi penularan Covid-19.

"Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung dan melindungi tenaga kesehatan yang mengalami tekanan yang luar biasa pada gelombang kedua pandemi ini. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes No. HK.02.01/11919/2021 tentang vaksinasi dosis ketiga bagi seluruh tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan," kata Ansar di RS Hj Bunda Halimah Batam, Senin (9/8/2021).

Lanjut Ansar, berdasarkan hal tersebut seluruh tenaga kesehatan di garda terdepan yang bertugas di RS milik pemerintah atau milik swasta memiliki hak yang sama untuk mendapatkan vaksin boster dimaksud.

"Adapun alokasi vaksin Moderna dosis III bagi tenaga kesehatan, sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten kota dengan alokasi di Tanjungpinang 80 vial, Bintan 46 vial, Lingga 61 vial, Natuna 70 vial, Anambas 47 vial, Batam 410 vial dan Karimun 109 vial," tegasnya.

Vaksinisasi tahap III ini ditargetkan akam selesai pada akhir bulan Agustus ini dengan total keseluruhan nakes yang akan di vaksin sebanyak 11.556 nakes.

Editor: Gokli