Cari Warganya yang Terpapar Covid-19, Pemkab Karimun Lakukan 3T Secara Acak
Oleh : Freddy
Minggu | 08-08-2021 | 15:32 WIB
aunur_rafig_rapid.jpg
Bupati Karimun Aunur Rafiq (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam menyikapi lonjakan kasus Covid-19 yang sudah pada level 4, Pemerintah (Pemkab)Kabupaten Karimun langsung mengambil langkah dengan melakukan 3T (testing, tracing, treatment), Sabtu (7/8/2021).

Kegiatan 3T diterapkan dengan dilakukan pemeriksaan rapid test antigen secara acak kepada warga yang kedapatan berkerumun dan tidak mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes) oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun.

 

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, Tim Satgas penanganan Covid-19 turun labgsung ke tempat-tempat keramaian seperti cafe dan di tempat tersebut langsung dilakukan operasi 3T kepada masyarakat secara acak dengan melakukan kegiatan rapid antigen, termasuk juga karyawan di cafe tersebut.

Selain kepada pengunjung dan karyawan cafe, rapid tes antigen secara acak juga dilakukan kepada pengendara kendaraan bermotor yang kedapatan tidak menggunakan masker saat dilakukan razia masker.

Ia menjelaskan, pada kegiatan 3T perdana ini, tim Satgas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun mendatangi beberapa cafe antara lain Batam Bakery di Kolong, Nagoya Food Court di Sei pasir, Es Durian di Pamak dan di Coastal Area Tanjungbalai Karimun.

Dari lokasi yang didatangi petugas dari Satgas Covid-19, sedikitnya 70 orang yang dilakukan rapid antigen secara acak dan hasilnya 4 orang hasil rapid test antigen dinyatakan positif Covid-19.

"Dari sekian banyak yang warga yang dilakukan rapid test antigen ternyata ada 4 orang yang hasil rapid antigennya positif dan untuk ke 4 orang tersebut langsung dibawa ke SMK Negeri 1 untuk menjalani perawatan serta dilakukan PCR lebih lanjut." kata Aunur Rafiq.

Ungkap Aunur Rafiq, kegiatan 3 T ini akan dilaksanakan selama seminggu ini atau sampai sepuluh hari kedepan sambil melihat angka kasus Covid-19.

Jika terjadi penurunan Kemungkinan kegiatan rapid test Antigen secara acak tidak dilanjutkan lagi, namun yang terpenting bagi masyarakat yang merasa ada gejala Covid-19 dapat langsung datang memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau klinik.

Selain dilakukan rapid antigen secara acak di cafe, Bupati dan tim Satgas penanganan Covid-19 juga turun memantau ke rumah warga yang sedang isolasi mandiri untuk menempelkan stiker yang isinya bahwa penghuni di rumah sedang Isoman serta memberikan sembako bagi warga yang Isolasi.

Pada saat yang sama Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama tim satgas covid-19 menempelkan poster Surat Edaran di cafe, gerobak jualan agar surat edaran Bupati Karimun dapat diketahui.

Editor: Saibansah Dardani