Sambut HUT RI ke-76, Penjual Bendera Mulai Menjamur di Batam
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 07-08-2021 | 16:16 WIB
bendera-hut-76.jpg
Penjual bendera di Jalan Raja Ali Kelana, Batam Center. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada (17/8/2021) mendatang, pedagang musiman Bendera Merah Putih dan berbagai aksesoris mulai menjamur di tepi jalan Kota Batam.

Pemandangan tersebut sudah lazim seiring meningkatnya kebutuhan bendera dan aksesoris untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tahunnya.

Hal itu menjadi peluang tersendiri bagi sejumlah pedagang untuk meraup keuntungan di bulan Kemerdekaan ini.

Menurut salah seorang pedagang bendera di tepi jalan Raja Ali Kelana, Batam Center, Joko, dari menjual aksesoris bendera dan umbul-umbul serta lainnya, dalam sehari dirinya dapat meraup keuntungan hingga ratusan ribu Rupiah.

"Harga akesesoris disini bervariasi. Misalnya Bendera Merah Putih berukuran kecil dibandrol Rp 10 ribu sedangkan ukuran besar mencapai ratusan ribu," kata Joko, Sabtu (7/8/2021).

Lanjutnya, untuk harga umbul-umbul yang dijualnya paling murah dibandrol dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000, dan yang paling mahal dibandrol dengan harga Rp 200.000. "Meski di tengah pandemi Corona, mudah-mudahan Agustus tahun ini penghasilan bisa lebih banyak dari tahun lalu," harap Joko.

Terpisah, Rahmat, warga rantauan asal Palembang yang berjualan bendera dan umbul-umbul di kawasan SP Plaza mengatakan bulan Agustus seakan menjadi bulan yang penuh berkah, di mana dia dapat mengais rezeki tambahan melalui jualan bendera dan umbul-umbul di Kota Batam.

Berjualan bendera dan umbul-umbul, kata dia, pembelinya biasanya didominasi instansi pemerintah dan perusahaan. Sedangkan pembeli secara pribadi hanya para pengendara dan masyarakat biasa.

"Biasanya kalau dari instansi pemerintah belinya langsung borongan. Agustus sebelumnya, setengah hari saja saya sudah mengantongi untung ratusan ribu. Mudah mudahan Agustus sekarang pun bisa memberi berkah seperti Agustus tahun lalu," pungkasnya.

Editor: Gokli