Wagub Marlin Luncurkan Aplikasi E-Belajar di SMAN 21 Batam
Oleh : Redaksi
Senin | 02-08-2021 | 19:28 WIB
e-belajar-btm.jpg
Wakil Gubernur Kepri, Hj Marlin Agustina saat meluncurkan aplikasi E-Belajar di SMAN 21 Batam, Senin (2/8/2021). (Humas Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Gubernur Kepri, Hj Marlin Agustina mengapresiasi penerapan sistem belajar berbasis online melalui aplikasi e-belajar. Anak-anak bisa belajar melalui e-daring secara jarak jauh.

Aplikasi ini memudahkan proses belajar mengajar, terlebih di tengah pandemi yang fluktuatif ini. "Saya lihat aplikasi ini kaya fitur pendukung. Semoga dengan pemanfaatan teknologi informasi ini semakin memudahkan proses pembelajaran. Baik untuk guru yang memberi materi maupun anak-anak didik," kata Marlin saat Launching Aplikasi Daring E- Belajar di Era Pandemi Covid-19, di SMAN 21 Kabil Kota Batam, Senin (2/8/2021), demikian dikutip laman Humas Kepri.

Walaupun dunia dilanda pandemi, kata Wagub Marlin, proses belajar mengajar harua terus berlangsung. Pandemi, tak boleh menghentikan kegiatan belajar mengajar, meski dilaksanakan secara jarak-jauh dari rumah masing-masing.

Momen tahun ajaran baru ini, kata Marlin, harus menjadi langkah awal semakin memantapkan kegiatan belajar mengajar berbasis digital. Ini merupakan pilihan paling tepat dan praktis, karena cukup memakai metode Pembelajaran Jarak Jauh.

Wakil Gubernur Marlin Agustina juga berharap pembelajaran ini bisa dikembangkan di banyak sekolah. Semua sekolah perlahan menerapkan sistem belajar mengajar secara online.

Termasuk sekolah yang ada di daerah kabupaten/kota seluruh wilayah Provinsi Kepri. Mereka juga diharap bisa menerapkan sistem belajar secara online berbasis teknologi.

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara baik untuk membantu proses belajar mengajar. Karena aplikasi ini memang dirancang guna memudahkan kegiatan belajar mengajar di era revolusi industri 4.0.

Apalagi aplikasi e-belajar ini nantinya bisa diakses tidak saja oleh guru dan murid. Tetapi juga orang tua. Karena masing-masing nanti bisa memiliki akun untuk masuk ke sistem online tersebut.

Sementara itu, Kepala SMAN 21 Batam, Adi Saputra mengatakan, dipilihnya SMAN 21 tidak lepas dari kesiapan sekolah mereka menerapkan sistem pembelajaran secara online. Ketersediaan sarana pendukung, kesiapan tenaga pengajar dan anak didik, menjadikan kita siap menerapkan sistem pembelajaran berbasis e-belajar.

Nantinya, anak-anak selain bisa menggunakan fasilitas komputer yang ada di sekolah, juga bisa memakai smartphone sendiri, untuk pembelajarannya. SMAN 21 juga dukung pihak ketiga yakni PT Sarana Adi Jaya Sakti Wicaksana sebagai penyedia aplikasi dan internet yang nanti akan memfasilitasi pembelajaran online ini.

"Mudah-mudahan kesiapan sekolah kita menerapkan sistem pembelajaran online tersebut, bisa jadi contoh sekolah lainnya," jelas Adi Saputra, yang juga Ketua MKKS SMA Kota Batam, Provinsi Kepri.

Editor: Gokli