31 Bintara Muda Lulusan SPN Polda Kepri 2020-2021 Ditarik Mabes Polri
Oleh : Hadli
Senin | 28-06-2021 | 17:37 WIB
pelantikan-bintara2.jpg
Proses sumpah dan pelantikan Bintara Muda lulusan 2020-2021 dari SPN Polda Kepri, Tanjung Batu, Kabupaten Karimun, Senin (28/6/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 293 Bintara muda lulusan tahun 2020-2021 dari Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Kepri di Tanjung Batu, Kabupaten Karimun, tidak seluruhnya bertugas di Kepulauan Riau.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt S mengatakan, dari 293 Bintara yang dilantik, hanya 262 orang yang ditempatkan di Polda Kepri, sisanya tarik Mabes Polri.

"Penempatan di Dit Polair Korpolairud Baharkam Polri sebanyak 10 orang, Dit Samapta Korsabhara Baharkam Polri 5 orang, Pusdik Polair Lemdiklat Polri 4 orang, Korbrimob Polri 6 orang dan di Densus 88 AT Polri 6 orang," ujarnya, Senin (28/6/2021).

Ke-262 Bintara yang ditempatkan di Polda Kepri diarahkan pada Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polda Kepri sebanyak 20 orang, PPKT/Perbatasan 17 orang dan Bintara Polri Tugas Umum sebanyak 225 orang.

Sumpah dan pelantikan Bintara Muda dilaksanakan di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu, Kabupaten Karimun dipimpin langsung Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Senin pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kepri mengatakan upacara penutupan Pendidikan Bintara Polri yang laksanakan sesuai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. "Upacara ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian pendidikan pembentukkan Bintara Polri TA 2020/2021 yang diselenggarakan selama 7 bulan," ujar Kapolda.

Dengan telah dilantiknya Bintara ini, Kapolda mengucapkan selamat karena telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pembentukkan menjadi Bintara Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua.

"Mulai hari ini pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan di setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik di dalam kedinasan maupun di luar kedinasan sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat," ucap Aris Budiman, di sela pelangambilan sumpah.

"Apa yang telah saudara-saudara capai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan saudara-saudara sekalian melainkan awal pengabdian nyata sebagai Insan Bhayangkara. Oleh karena itu, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik pada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita banggakan," sambung Kapolda.

Aris meneruskan, menjadi Polisi bukan sekedar mencari pekerjaan, menjadi Polisi merupakan profesi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, karena menjadi Polisi sejak hari ini memiliki kewenangan kepolisian.

"Tidak ada institusi di negara ini yang memiliki kewenangan luar biasa seperti Anda. Anda bisa menghentikan siapa pun di jalanan dengan kewenangan sebagai seorang Polisi dan jika Anda tidak mempunyai jiwa pengabdian, Anda akan menyalahkan kewenangan ini untuk kepentingan personal dan yang paling tahu adalah diri Anda sendiri," kata Aris Budiman.

Kapolda pun mengingatkan kepada para Bintara Muda untuk menggunakan kewenangan melayani negara. "Gunakan kewenangan untuk melayani bangsa ini dan gunakan kewenangan untuk melayani rakyat," pungkasnya.

Editor: Gokli