Hari Ini, Polda Kepri Gelar Vaksinasi Massal di 25 Titik dengan Target 14.750 Orang
Oleh : Hadli
Sabtu | 26-06-2021 | 16:20 WIB
tinjau-vaksin-btm.jpg
Kapolda Irjen Pol Aris Budiman bersama Gubernur Ansar Ahmad dan Forkopimda Kepri saat meninjau vaksinasi di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, Sabtu (26/6/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Vaksinasi yang diprakarsai Polda Kepri dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 tahun ini, berlangsung di 25 lokasi. Adapun target capaian vaksinasi pada hari ini, Sabtu (26/6/2021) sebanyak 14.750 warga.

Untuk di Kota Batam, vaksinasi berlangsung di 3 lokasi yakni, Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Universitas Internasional Batam dan Vihara Dewi Bahari.

Kapolda Irjen Pol Aris Budiman bersama Gubernur Ansar Ahmad dan Forkopimda Kepri, saat meninjau vaksinasi di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Mukakuning, menyampaikan, 25 titik vaksinasi yang berlangsung hari ini di seluruh Provinsi Kepri menargetkan 14.750 orang.

"Target sasaran di Sport Hall Tumenggung sebanyak 3.000 orang, Universitas Internasional Batam sebanyak 1.500 orang dan Vihara Dewi Bahari, Batu Batam sebanyak 3.500 orang," jelas Kapolda Kepri, saat ditemui di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Sabtu pagi.

Di sana, Kapolda bersama Gubernur dan Forkopimda Kepri juga mengikuti video conference dengan Presiden RI Joko Widodo. Presiden menyapa setiap provinsi yang hari ini melaksanakan vaksinasi.

"Saya berharap dimulai hari ini, target 1 juta vaksinasi per hari di seluruh Indonesia dapat terpenuhi," ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, untuk jumlah vaksin di Provinsi Kepri masih tercukupi. Pemprov Kepri, kata dia, terus lakukan komunikasi dengan Menko Perekonomian dan Menteri Kesehatan tentang ketersediaan vaksin.

"Jika stoknya sudah mau habis akan kita kejar terus ke Pemerintah Pusat. Ini kita lakukan untuk menjawab apa yang disampaikan Presiden bahwa kegiatan vaksin di Provinsi Kepri ini harus disegerakan," kata Gubernur Ansar.

Dilanjutkan Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman, vaksinasi pada hari ini dilaksanakan bersama TNI dan Gubernur serta Forkompinda yang langsung meninjau pelaksanaannya. "Untuk titik terluar kita jangkau dengan menggunakan kapal-kapal patroli, termasuk juga kapal dari TNI AL dan dibantu juga Pemda. Kita beri nama program ini Nasi Kapau (Vaksinasi Jangkau Pulau-pulau). Pulau-pulau di Provinsi Kepri ini yang kita jangkau," jelasnya.

Dari peninjuan hari ini, tambah Aris, animo masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Bahkan, permintaan untuk divaksin pada Polri, cukup banyak.

"Namun kendala kita agak sedikit terhambat karena rekan-rekan petugas kesehatan atau vaksinator jumlahnya kurang. Bisa dilihat sendiri tenaga kesehatan kita ini sangat luar biasa, sampai sore bahkan malam hari tidak berhenti memberikan pelayanan, istirahat hanya saat makan, dan sholat saja, kemudian lanjut lagi bekerja," kata Kapolda, sekaligus mengapresiasi kinerja para vaksinator.

Ditambahkan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, data tetakhir masyarakat mengikuti vaksinasi sudah melelebihi target wilayah hukum Polda Kepri. "Dilihat dari laporan antrean sampai pukul 15.00 WIB, sudah berjumlah 15 ribu orang," jelasnya.

Editor: Gokli