H-1 Larangan Mudik, Ribuan Penumpang Berangkat dari Bandara Hang Nadim
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 05-05-2021 | 12:24 WIB
penumpang-membludak1.jpg
Penumpang di Bandara Hang Nadim membludak H-1 larangan mudik lebaran 2021. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu hari sebelum pemberlakuan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah, masyarakat berbondong-bondong tinggalkan Kota Batam melalui Bandara Hang Nadim Batam.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan larangan mudik terhitung sejak tanggal 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021 di seluruh daerah di Indonesia.

Pantauan di lokasi sejak Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 11.23 WIB, kepadatan penumpang yang akan melakukan perjalanan terlihat jelas di pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam.

Kepadatan penumpang pada 5 Mei 2021 ini diperkirakan akan melebihi hari-hari sebelumnya, yang mana rata-rata penumpang yang meninggalkan Kota Batam berkisar 4.000 hingga 5.000 orang.

Jessica, Mahasiswi yang berkuliah di salah satu universitas swasta Kota Batam mengaku memilih 5 Mei untuk balik ke kampung halamannya dikarenakan takut tidak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah bersama keluarga.

"Kalau besok (6 Mei 2021) takutnya sudah tidak bisa, jadi pilih keberangkatan di hari terakhir ini," kata Jessica.

Dirinya juga tidak kaget atas antrean masyarakat Kota Batam di depan pintu masuk keberangkatan Bandara Hang Nadim yang telah mengular. Hal ini wajar menurutnya, karena masih tingginya animo masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah bersama keluarga di kampung halaman.

Meski begitu, Jessica juga berharap bahwa perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dapat berjalan lancar dan tidak ada peningkatan kasus Covid-19.

"Jadi memang harus tetap menjaga protokol kesehatan," tegasnya.

Editor: Yudha