Upayakan Sembako Murah bagi Masyarakat, Ansar akan Kontrol Harga dari Mulai Distributor
Oleh : Paskalis RH
Senin | 08-03-2021 | 15:32 WIB
ansar_harga-sembako-0111.jpg
Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (Pascal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di awal kepemimpinannya sebagai Gubernur Kepri, Ansar Ahmad langsung melakukan langkah-langkah strategis demi meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan sembako murah.

Langkah strategis yang dilakukan Gubernur Ansar, antara lain melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, misalnya Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, untuk membahas masalah tersebut.

Keinginan dan berbagai upaya yang dilakukan guna terpenuhinya sembako yang murah bagi masyarakat Kepri, diungkapkan Ansar saat kegiatan sosialisasi PP 41/2021 di Hotel Marriott, Harbou Bay, Batam, Sabtu (6/3/2021).

"Dalam waktu dekat, saya akan melakukan pembahasan dengan dinas terkait agar dapat menekan harga bahan pokok, sehingga masyarakat Kepri bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih murah," kata Ansar.

Selain itu, kata Ansar, pemerintah juga akan membuka diri atau akan menjalin kerja sama dengan pihak tertentu (yang mempunyai kuota impor) dalam proses penyediaan beberapa komoditi tertentu.

Secara umum, kata dia, pihaknya akan mengejar program wilayah bebas korupsi (WBK) secara menyeluruh sehingga alat kontrolnya menjadi mudah.

"Saya akan mengejar itu, agar lebih mudah mengontrol kuota ketersedian bahan kebutuhan pokok yang strategis, supaya harga kebutuhan pokok lebih murah," ujarnya.

Ansar pun menegaskan, agar masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah, pemerintah (Pemprov) wajib menjalankan fungsi kontrol dengan baik.

"Saya tegaskan sekali lagi, tugas pemerintah provinsi adalah menjalankan fungsi kontrolnya, agar dapat menekan tingginya harga kebutuhan pokok di tengah masyarakat. Jangan sampai dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk memperoleh keuntungan sendiri," pungkasnya.

Editor: Yudha