BMKG Imbau Waspada Potensi Angin Kencang di Wilayah Kepri
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jum\'at | 05-03-2021 | 11:40 WIB
BMKG1.jpg
Prakiraan Cuaca di Wilayah Kepri, Jumat (5/3/2021). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan kondisi cuaca di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hingga esok hari masih cerah berawan.

"Secara umum, kondisi cuaca esok hari di sebagian wilayah Kepri masih cerah berawan," kata Riza Juniarti, Forecaster BMKG Hang Nadim Batam melalui keterangan tertulis, Jumat (5/3/2021).

Riza menuturkan, kondisi cuaca ini di akibatkan rendahnya kelembapan udara di wilayah Kepulauan Riau menyebabkan potensi pembentukan awan-awan hujan menjadi berkurang.

Selain cerah berawan, kata dia, khususnya di wilayah Kabupaten Lingga pada siang hari berpotensi terjadi hujan ringan.

"Kondisi ini disebabkan kecepatan angin masih cukup kencang sehingga potensi pembentukan awan-awan hujan menjadi berkurang," ujarnya.

Riza menyebutkan, selain angin kencang yang masih terus melanda sebagian wilayah di Kepri, potensi gelombang tinggi juga terjadi di sejumlah perairan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dengan kondisi cuaca seperti itu, katanya lagi, masyarakat dihimbau agar terus waspada terhadap potensi angin kencang di wilayah Kepri pada umumnya.

"Bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut agar tetap waspada terhadap potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian hingga 2,5 meter," tambahnya.

Ia menjelaskan, dalam kondisi cuaca seperti ini rawan terjadinya bencana akibat angin kencang seperti, tumbangnya pohon atau pun fasilitas lain di pinggir jalan seperti tiang listrik, baliho, dan sebagainya.

Selain itu, Riza juga menghimbau pihak pengelola tranpsportasi laut agar selalu menyediakan alat bantu atau life jacket untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bagi pengelola dan masyarakat pengguna transportasi laut agar selalu waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah Perairan Utara Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas," pungkasnya.

Editor: Yudha