Warga Batam, Waspadai Penipuan Modus BPJS Kesehatan
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 23-01-2021 | 14:36 WIB
bpjs2131.jpg
Pelayanan BPJS Kesehatan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghimbau seluruh masyarakat Kota Batam untuk selalu waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan.

Demikian yang disampaikan melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Jumat (22/1/2021).

Pejabat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Batam, Irfan mengatakan, sampai saat ini pihaknya sudah banyak menerima laporan terkait adanya penipuan itu. Dimana, penipuan dilakukan dengan cara mengirim pesan kepada masyarakat yang meminta pasword atau sinkron data peserta.

"Modus penipuan oleh orang yang tidak bertanggungjawab tersebut dengan cara mengirim pesan tentang adanya bantuan dana dari BPJS Kesehatan pusat," kata Irfan.

Dalam pesan itu, kata dia, sang penipu juga mencantumkan kode dan nomor kontak yang dihubungi, sehingga ada masyarakat yang percaya.

Masih kata Irfan, apabila ada masyarakat yang menerima pesan tersebut, tidak perlu menanggapi karena informasi resmi BPJS Kesehatan, selalu melalui akun resmi melalui web ataupun instagram.

Tak hanya itu, Irfan juga menekankan BPJS Kesehatan tak pernah memunggut uang atau pun biaya administrasi dalam proses pendaftaran, cetak kartu dan pelayanan kesehatan lainnya. Apalagi meminta data sinkronisasi atau pasword peserta.

"Untuk informasi terkait BPJS Kesehatan bisa langsung menghubungi care center 1500 400, maupun melalui layanan chat Chika, Vika dan Pandawa," pungkasnya.

Editor: Dardani