Gelombang Tinggi di Malam Tahun Baru, BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut Waspada
Oleh : Paskalis Rianghepat
Kamis | 31-12-2020 | 10:44 WIB
bmkg110.jpg
Pantauan Satelit Himawari, Sabtu (31/12/2021). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan pada saat malam pergantian tahun, kondisi cuaca di Provinsi Kepri khususnya Kota Batam cerah berawan. Namun masyarakat diminta waspada, terutama saat menggunakan transportasi laut akibat tinggi gelombang mencapai 3 meter.

Hal itu diungkapkan Kasi Datin BMKG Hang Nadim Batam, Suratman melalui keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Suratman mengatakan prakiraan cuaca untuk tahun baru adalah cerah berawan. Namun tak menutup kemungkinan terjadi hujan ringan, tapi bersifat lokal.

"Untuk prakiraan malam pergantian tahun cerah berawan, tapi masih ada kemungkinan hujan ringan," kata Suratman.

Masih kata Suratman, sementara kecepatan angin bisa mencapai 5-20 kilometer perjam untuk wilayah darat. Namun untuk wilayah laut, bisa lebih dari itu karena berada di puncak musim angin utara.

"Untuk laut, gelombang cukup tinggi. Di perairan Natuna bisa sampai 6 meter, tapi saat ini normalnya antara 2,5-3 meter, itu sudah cukup tinggi untuk pengguna transportasi laut" terangnya.

Karena itu, ia menghimbau agar masyarakat yang beraktifitas di laut bisa lebih waspada. Terutama, kata dia, untuk pihak pengola transportasi laut agar menyediakan alat bantu atau life jacket.

"Untuk yang beraktifitas dilautan agar lebih waspada. Selalu sediakan alat penyelamat, karena kondisi gelombang cukup tinggi," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat tetap update tentang kondisi cuaca. Hindari daerah yang tiba-tiba adanya pembentukan awan columunimbus.

"Bagi masyarakat pengguna transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar tetap berhati-hati," pungkasnya.

Editor: Yudha