Gustian Riau Jamin Harga Sembako di Batam Kembali Stabil
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 30-12-2020 | 12:48 WIB
gustian-riau11.jpg
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Kota Batam, Gustian Riau. (Paskalis Rh/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Kota Batam, memastikan semua harga kebutuhan bahan pokok yang sempat mengalami kenaikan mengalami penurunan harga.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Kota Batam, Gustian Riau saat di konfirmasi BATAMTODAY.COM, Rabu (30/12/2020).

"Kami menjamin ketersediaan stock bahan pokok dan sejumlah komoditi lain hingga awal tahun 2021 tetap aman. Tidak hanya itu, untuk harga komoditi yang sempat naik juga akan dipastikan turun," kata Gustian.

Gustian tidak mengakui adanya lonjakan harga kebutuhan pokok beberapa bulan terakhir, karena cuaca buruk yang melanda wilayah Kepri, khususnya Kota Batam sehingga menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Beberapa waktu lalu memang ada lonjakan harga, hal itu terjadi karena beberapa faktor. Selain faktor cuaca juga permintaan yang tinggi di daerah penghasil," ujarnya.

Untuk menjawab keresahan masyarakat, kata Gustian, pihaknya telah menggelar rapat dengan sejumlah distributor. Dari hasil rapat disebutkan jika harga sejumlah komoditi sudah mulai turun. Mulai dari harga telur, gula, beras hingga cabai.

"Laporan dari distributor, harga-harga sudah mulai turun, sekitar 30 persenan," tambahnya.

Seperti harga cabai dari Rp 100 ribu, saat ini sudah berada dikisaran Rp 60-70 ribu perkilogram. Telur perpapan antara Rp 42-45 ribu dari harga Rp 50 ribu. Begitu juga dengan harga kebutuhan yang lain.

"Kami jamin, harga akan terus turun hingga menjadi normal. Mudah-mudahan awal tahun sudah mulai normal, dengan stok yang mencukupi," terangnya.

Gustian menyampaikan, berbagai macam upaya akan dilakukan Desperindag untuk menekan harga-harga kebutuhan di Batam, diantaranya bekerjasama dengan pemerintah daerah penghasil. Kemudian, mengeluarkan stok dari distributor sehingga harga jauh lebih murah.

"Dan ada lagi beberapa faktor lainnya, namun kami jamin harga akan terus turun," katanya lagi.

Selain menjamin harga kebutuhan di daerah maindland, Gustian mengaku pihaknya memastikan harga kebutuhan di hiterland atau pulau-pulau. Dimana sempat adanya laporan terkait tingginya harga kebutuhan yang terjadi di wilayah tersebut.

"Laporan ke kami harga kebutuhan di pulau tinggi. Dari hasil rapat, kami jamin harga akan turun," ungkapnya.

Menurut dia, langkah yang dilakukan untuk menekan harga di pulau yakni dengan adanya kerjasama antara koperasi dengan distributor. Sehingga koperasi bisa menjual harga distributor kepada masyarakat.

"Jadi koperasi yang ditunjuk bekerjasama dengan distributor. Sehingga harga yang ada di pulau-pulau juga akan murah sesuai harga distributor," pungkasnya.

Editor: Yudha