IKA Batam Galang Dana untuk Korban Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Lembata
Oleh : Paskalis Rianghepat
Kamis | 03-12-2020 | 12:36 WIB
donasi-IKA-Batam1.jpg
IKA Batam Salurkan Bantuan kepada Pengungsi akibat Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Kamis (3/12/2020). (Foto: Paskalis RH).

BATAMTODAY.COM, Batam - Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam menggelar kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana erupsi gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Flores, NTT, Kamis (3/12/2020).

Menurut ketua Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam, Aldy Karim, kegiatan penggalangan dana ini merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial dari seluruh warga Adonara di Kota Batam yang prihatin dan peduli dengan para korban bencana erupsi gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata.

"Hari ini seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan kepada para korban Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Lembata," kata Aldy.

Bantuan ini, kata Aldy, terdiri dari uang tunai dan 2.500 packs masker yang berasal dari para donatur. Aksi sosial ini, kata dia, sebagai salah satu wujud solidaritas terhadap para korban yang saat ini masih berada di pengungsian.

"Penyaluran bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang terkena dampak erupsi gunung Ile Lewotolok," ujarnya.

Masih kata Aldy, aksi penggalangan dana tersebut dilakukan secara spontan berasal dari uang pribadi masing-masing anggota IKA dan beberapa donatur lainnya.

"Aksi penggalangan dana, dilakukan secara spontan oleh anggota IKA. Mereka secara sukarela memberikan bantuan atau sumbangan kepada para korban yang sementara ini berada di lokasi pengungsian," tegasnya.

Aldy menjelaskan, gerakan kemanusian yang dilakukan IKA Batam terkait bencana alam Gunung Ile Lewotolok yang mengakibatkan warga di sekitar lokasi harus mengungsi.

Sumbangan atau bantuan yang disalurkan hari ini, lanjutnya, merupakan tahap pertama. Rencananya, sebut dia, aksi penggalangan dana ini akan terus dilakukan selama beberapa hari kedepan.

"Bantuan yang disalurkan merupakan tahap pertama dari hasil penggalangan dana yang dilakukan para angggota. Kedepannya, bantuan seperti ini akan terus disalurkan, karena anggota sampai beberapa hari kedepan masih terus melakukan penggalangan dana di lapangan," imbuhnya.

Selain melakukan penggalangan dana, sambungnya, seluruh warga Adonara di Batam juga mendoakan para pengungsi yang sedang dilanda bencana agar tabah menghadapi musibah tersebut.

"Kita mendoakan juga supaya musibah tersebut segera berlalu," pungkasnya.

Editor: Yudha