Kesbangpol Batam Gelar Dialog Wujudkan Pilkada Sehat 2020
Oleh : Hadli
Rabu | 18-11-2020 | 17:29 WIB
dialog-kesbang-btm.jpg
Suasana dialog kebangsaan yang digelar Kesbangpol Kota Batam di Hotel Said, Batam Center, Rabu (18/11/2020). (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam menggelar sosialisasi dan dialog kebangsaan mewujudkan Pilkada sehat 2020.

Dialog kebangsaan dengan mengusung tema 'Dalam Mewujudkan Pilkada Sehat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020', berlangsung di Hotel Sahid, Batam Center, Rabu (18/11/2020) siang.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam, Riama Manurung menyampaikan, dialog kebangsaan yang digelar bentuk kerja sama Polda Kepri dan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Kesbangpol Kota Batam.

"Kegiatan ini dihadiri seluruh pengurus LSM Kota Batam dengan harapan nantinya dapat menyampaikan kepada angggota serta masyarakat agar jangangan khawatir untuk pemilihan nanti selagi kita bersama melaksanakan protokol kesehatan," tutur Riama.

Selain mensukseskan Pilkada serentak, hal ini dilakukan juga sebagai salah satu langkah agar mengurangi Golput saat Pilkada serentak mendatang di tengah Covid-19. "Kami berterimakasih dengan Polda Kepri yang telah berkenan memfasilitasi dan bekerjasama dengan Kesbangpol mensuskeskan Pilkada 2020 ini," ungkapnya.

Riama menegaskan, Kesbangpol bertanggungjawab penuh mensukseskan Pilkada Serentak, sebab dalam pelaksanaannya Kesebangpol memiliki tanggung jawab penuh sebagai Wakil Ketua Despilkada.

"Jadi dari Despilkada itu, Kesbangpol merangkum semua kegiatan Pilkada dimulai dari tahap awal sampai dengan pelantikan," tutur Riama Manurung.

Sementara itu, Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan, Pilkada dilaksanakan dari tuntutan UU sebagai proses untuk memilih pimpinan daerah masing-masing.

"Di sisi lain saat ini kita tengah berada di tengah pandemi Covid-19, maka kedua-duanya mesti kita laksanakan. Maka pada saat pemilihan nanti yakinkan dengan masyarakat pada saat pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik protokol kesehatan kita laksanakan dengan baik juga agar kita terhindar dari Covid-19 ini," tuturnya, sekaligus membuka dialog kebangsaan itu.

Dalam dialog kebangsaan itu, Kesbangpol Kota Batam menghadirkan narasumber dari Polda Kepri, Bawaslu, Dinkes (Gugus Tugas Covid-19) dan Kaban Kesbangpol dengan Moderetor dari Seketaris FKDM Kota Batam.

Editor: Gokli