BBM Langka, Antrian Kendaraan Mengular di Sejumlah SPBU di Batam
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 04-11-2020 | 14:04 WIB
A-ANTRI-SPBU-BATAM_jpg2.jpg
Antrian Kendaraan di SPBU Tembesi Batam, Rabu (4/11/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Antrean mengular pengisian bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Batam masih berlangsung hari ini, Rabu (4/11/2020).

Tampak sejumlah pengendara antre di dispenser pengisian BBM jenis premium, sedangkan BBM jenis pertalite kosong.

Diantara terlihat di SPBU Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam atau samping Mall Top 100 Tembesi, SPBU samping Gedung LAM (Lembaga Adat Melayu) Batam Center, Rabu (4/11/2020). Terlihat puluhan kendaraan mulai roda dua dan empat antre panjang hingga ke jalan.

Menurut salah satu petugas SPBU, antrean ini terjadi sejak beberapa waktu belakangan. Hal ini bisa disaksikan setiap pagi hari terutama pada jam-jam sibuk, antrian panjang ini bisa mencapai 1 km.

"Yang antre itu pengisian premium, sebab baru datang tadi. Pas datang langsung diserbu," terang pria yang engan disebut nama.

Diakuinya, saat pengisian premium dibuka, pihaknya menutup jalur pengisian pertalite. Hal itu dilakukan karena stok pertalite habis, sedangkan premium pertamax dan pertamax turbo masih tersedia.

Ia mengungkapkan, panjangnya kendaraan yang mengantri di SPBU, di akibatkan keterlambatan pasokan BBM yang didistribusikan oleh Pertamina.

Stok BBM jenis di SPBU kami, lanjutnya, masih cukup tersedia. Namun, sebutnya, ada keterlambatan pasokan yang masuk hingga mengakibatkan antrian panjang.

"Pasokan BBM dari pertamina kadang-kadang mengalami keterlambatan masuk. Akibatnya ketersedian BBM habis. Makanya, saat tiba antrian panjang tidak terhindarkan," terangnya.

Semenatara itu, salah satu pengendara, Agus mengaku sudah mengantre lebih dari setengah jam untuk bisa mengisi premium. Apalagi pengisian premium yang lumayan lancar ada di SPBU tersebut.

"Di sini premium selalu ada, walau cuma adanya pagi atau sore hari. Kalau udah malam, mana ada lagi," ujar Agus.

Sementara, Icha yang hendak mengisi bbm jenis pertalite terpaksa berpindah ke pertamax. Hal itu dikarenakan pertalite kosong di SPBU tersebut.

"Pertalite kosong, adanya premium dan pertamax, jadi isi pertamax saja. Karena kalau premium kendaraan nggak narik," terang Icha.

Icha pun berharap, suplai semua jenis BBM ke SPBU Tembesi datang tepat waktu sehingga kebutuhan masyarakat akan BBM dapat terpenuhi serta menghindari antrian panjang dari para pengendara.

Editor: Dardani