Cegah Penyebaran Covid-19, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Pandawa
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 03-11-2020 | 17:26 WIB
aplikasi-pandawa.jpg
Salah seorang peserta BPJS Kesehatan yang sudah memanfaatkan aplikasi Pandawa. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk memberi kemudahan kepada masyarakat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan aplikasi Pelayanan Admnistrasimelalui WhatsApp (Pandawa). Tujuannya, meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Dengan aplikasi Pandawa, peserta bisa melakukan pendaftaran, menambahkan anggota keluarga, mengubah jenis kepesertaan hingga penonaktifan peserta meninggal," kata kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Batam, Maucensia Septrina Maucensia melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (3/11/2020).

Aplikasi Pandawa, kata dia, merupakan salah satu kanal layanan yang disediakan untuk proses administrasi kepesertaan. Layanan yang disediakan juga bervariasi mulai dari pendaftaran hingga melakukan perubahan data.

"Pandawa merupakan jawaban dari adanya beberapa peserta yang sulit mengakses aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sebelumnya lantaran gagap teknologi," ujarnya.

Melalui Pandawa, katanya lagi, para peserta cukup menghubungi nomor layanan masing-masing daerah dan mengikuti instruksi yang diberikan petugas BPJS Kesehatan. Apalagi, di masa Pandemi, sarat penyebaran virus bila bertatap muka secara langsung.

"Jadi ketika sudah mengikuti instruksi di WhatsApp, peserta cukup melengkapi berkas, kemudian dititipkan ke Kantor BPJS Kesehatan, peserta menerima nomor virtual account, membayar, dan menunggu kartunya diantarkan," tambah Maucensia.

Khusus masyarakat Batam yang membutuhkan layanan administrasi, lanjutnya, dapat menghubungi nomor +62895370680105 tanpa harus mendatangi kantor cabang.

Rumaida adalah salah satu peserta yang mendaftarkan orangtuanya melalui Pandawa. Saat ditemui oleh Tim Jamkesnews, Rumaida mengatakan, dia merasakan kanal layanan ini benar-benar bermanfaat.

"Saya merasakan sekali manfaatnya. Dulu di awal BPJS Kesehatan beroperasi, untuk mendaftar jadi peserta saya bisa menghabiskan waktu 3-4 jam. Saya ingat betul waktu itu dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Ditambah lagi waktu itu kantor benar-benar ramai orang," kata Rumaida.

Peserta yang tinggal di Bukit Palm Permai ini merasa, semakin lama BPJS Kesehatan memiliki sistem pelayanan yang semakin baik. Jika dulu dia harus menunggu lama, sekarang cukup mendaftarkan orangtuanya melalui WhatsApp dari rumah.

"Saya lihat semakin lama pelayanan BPJS Kesehatan semakin baik, sistem layanan sudah ada perubahan dan semakin tertib. Sekarang sudah ada Pandawa jadi ketika masyarakat mau daftar kita tidak perlu ngantre lagi," kata Rumaida.

Editor: Gokli