Pererat Tali Persaudaraan, IKA Batam Gelar Silaturahmi dengan Pengurus LAM
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 03-11-2020 | 16:09 WIB
IKA-LAM.jpg
IKA Batam saat silaturahmi ke pengurus LAM Batam. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah pengurus Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam mengadakam kegiatan silaturahmi ke Lembaga Adat Melayu Batam (LAM). Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan antara masyarakat Melayu dan masyarakat Adonara di Kota Batam.

Kehadiran pengurus IKA Batam di gedung LAM Batam diterima secara langsung Ketua Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Datok Muhammad Saher serta pengurus lainnya.

Ketua IKA Batam, Aldi Karim dalam silaturahmi tersebut mengatakan, pihaknya ingin memperkenalkan IKA kepada masyarakat Melayu melalui LAM Batam. "Dalam kesempatan ini, saya sebagai Ketua IKA Batam ingin menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya, karena LAM Batam telah menghadiri acara pengukuhan Pengurus IKA beberapa waktu lalu," kata Aldi, Selasa (3/11/2020).

Selain itu, kata Aldi, pertemuan dengan LAM Batam merupakan salah satu agenda pengurus IKA Batam dalam menjalin tali persaudaraan di Kota Batam. "LAM merupakan organisasi yang bisa di jadikan payung dari berbagai suku yang ada di Indonesia. IKA Batam mengangap LAM sebagai mitra dalam mengembangkan seni dan budaya di Kota Batam," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Datok Muhammad Saher pun bercerita tentang sejarah LAM. Menurutnya, keberadaan Lembaga Adat Melayu telah berdiri sejak beberapa tahun lalu.

Lembaga ini, kata dia, dibentuk untuk menampung aspirasi dan budaya di Kepri dengan semboyan "Di mana bumi di pijak di situ langit di junjung".

"Saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dari IKA Batam ke LAM. Semoga silaturahmi yang kita jalin saat ini dapat menciptakan keamanan dan ketentraman di wilayah Kota Batam yang kita cintai ini," kata Saher.

Saher juga berharap semoga wabah virus corona segera berakhir sehingga semua kegiatan berjalan sebagaimana mestinya. LAM Batam dengan tangan terbuka akan bekerjasama dengan IKA Batam dalam membangun Kota Batam agar ke depannya lebih kondusif.

"Ke depannya, baik LAM dan IKA akan selalu bersinergi agar Kamtibmas di wilayah Kota Batam tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Setiap permasalahan tentunya akan dapat diselesaikan dengan musyawarah," pungkasnya.

Sebelum meninggalkan tempat silaturamhi, Ketua IKA Batam dan segenap pengurus memberikan cenderamata kepada Ketua Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Datok Muhammad Saher berupa kain tenunan yang dibawa langsung dari Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Editor: Gokli