Politeknik Negeri Batam Sukses Gelar Inagurasi Mahasiswa Baru Secara Daring
Oleh : Hadli
Senin | 05-10-2020 | 18:20 WIB
inagurasi-daring.jpg
Ketua Pelaksana Inagurasi 2020 Politeknik Negeri Batam, Rio Nugroho memberikan penghargaan kepada mahasiswi yang menonjol. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masa orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) atau sekarang yang disebut Inagurasi pada tahun ini di Politeknik Negeri Batam dilakukan secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi ini berbeda dengan tahun Inagurasi sebelumnya yang dilakukan secara langsung. Mahasiswa baru datang ke kampus untuk langsung pengenalan diri dan mengenal lingkungan kampus.

Di tahun 2020 ini, Inagurasi dilakukan secara daring atau online dari rumah masing-masing. Mengingat dampak dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini.

Kegiatan Inagurasi ini diselenggarkan panitia dari perwakilan mahasiswa dengan dukungan dari BEM, DLM, Organisasi Kemahasiswaan lainnya serta Bagian Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam.

Hal ini dilakukan berdasarkan panduan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) tentang panduan Ospek mahasiswa baru tahun 2020, yang mewajibkan Inagurasi dilakukan secara daring dan tidak tatap muka. Keputusan ini dibuat agar tidak terjadi penyebaran virus corona.

Mengacu pada panduan tersebut, untuk pertama kalinya Politeknik Negeri Batam melaksanakan acara Inagurasi secara online. Acara ini diselenggarakan dari tanggal 14-19 September 2020. Dimulai dengan Pra Inaugurasi pada tanggal 14 dan dilanjutkan dengan pembukaan pada tanggal 16, serta diakhiri dengan penutupan pada tanggal 19.

Ketua Pelaksana Inagurasi 2020, Rio Nugroho mengatakan, Inagurasi diikuti sekitar 1.900-an mahasiswa baru dari kelas pagi hingga kelas malam atau karyawan. "Inagurasi yang kami selenggarakan diisi oleh berbagai materi edukasi yang berpedoman kepada acuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Senin (05/10/2020).

Rio menambahkan, hari pertama materi yang diberikan seperti seminar bela negara yang diisi oleh pihak Kepolisian Polresta Barelang Batam. Kemudian ada materi entrepreneur sampai dengan pengenalan sistem belajar di kampus Polibatam.

"Aplikasi Zoom digunakan sebagai media untuk melaksanakan Inaugurasi daring. Zoom dipilih karena aplikasi ini sudah familiar didunia pendidikan. Selain itu fiturnya juga mudah digunakan bagi mahasiswa baru," jelas dia.

Tahun ini, kata Rio, panitia pelaksana mengusung tema 'Inagurasi Mahakarya' yang memiliki arti Mahasiswa Kritis untuk Negara Berbudaya. Hal ini sesuai dengan visi-misi tahun ini.

"Panitia ingin menciptakan mahasiswa yang kritis bukan apatis. Diharapkan mahasiswa baru lebih peduli dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Selain itu diharapkan mahasiswa baru dapat melihat berita yang ada dari berbagai sudut pandang, sehingga tidak mengambil berita secara mentah tanpa disaring dahulu yang mana berita saat ini lebih banyak berita hoax," jelas dia.

Dengan adanya penerapan melalui materi yang diberikan saat Inagurasi ini, mahasiswa baru diharapkan dapat menjadi lebih kritis dan tidak mudah termakan berita hoaks.

Untuk mempersiapkan Inagurasi ini, panitia melakukan siaran yang terpusat di Politeknik Negeri Batam. Namun, untuk ruangan panitia dibagi-bagi dan tidak boleh melebihi 50% dari kapasitas serta dipantau oleh Satgas Covid-19.

Rio juga memastikan bahwa panitia tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam mempersiapkan acara ini. Saat ditanyai lebih lanjut, Rio juga menyampaikan bahwa banyak sekali keunikan dan keseruan dari Inagurasi daring kali ini.

"Salah satunya, yaitu pembuatan video pola hidup new normal oleh mahasiswa baru menggunakan aplikasi Tiktok. Panitia membuatkan dubbing suaranya kemudian mahasiswa baru bisa memperagakan sesuai dengan kreativitas masing-masing," ungkap dia.

Melalui aplikasi Tiktok, tambah Rio, panitia mengajak mahasiswa baru tetap aktif walaupun kondisi ditengah pandemi ini dengan cara yang asik namun tetap mengedukasi. "Diharapkan melalui video ini pesan dan himbauan untuk memerangi Covid-19 dapat tersebar luas kepada masyarakat. Dimana yang kita ketahui aplikasi Tiktok saat ini sedang digemari oleh seluruh khalayak ramai," tuturnya.

Selain itu, dalam acara ini panitia juga membantu gerakan penghijauan yang dilakukan PBB dengan cara 'one man one tree', yaitu satu mahasiswa diwajibkan menanam satu pohon atau tanaman apapun dengan tujuan penghijauan.

Serta membuat video penjelasan dari tanaman yang ditanam tersebut agar dapat menambah wawasan bagi orang lain yang menonton.

Inagurasi tahun ini memang berbeda dan tentunya menjadi pengalaman baru bagi panitia pelaksana maupun mahasiswa baru yang mengikuti Inagurasi ini. Sepanjang inagirasi berlangsung, Rio berbagi kesannya dengan mengapresiasi antusias panitia dan mahasiswa baru.

"Di sini saya merasa senang dengan semangat teman-teman panitia yang sudah terlihat sejak awal pembentukan. Ini menunjukkan bahwa masih banyak yang peduli untuk mempersiapkan acara Inagurasi dengan baik walaupun dalam kondisi pandemi," tutur dia.

Koordinator acara Inaugurasi, Mince Melinda juga menambahkan bahwa semangat mahasiswa baru sangat luar biasa dari awal hingga akhir dibuktikan dengan pengerjaan tugas yang dilakukan oleh mahasiswa baru.

"Dari mahasiswa baru pun memberikan kesan yang baik untuk acara Inaugurasi ini. Salah satu yang berbagi kesan yaitu Dede Tyo Junaika dari garda 29 Kerajaan Ternate, Seru sekali, walaupun ini hal baru yang perlu penyesuaian diawal dan ada sedikit kesulitan tapi Inagurasinya tetap berjalan dengan baik dan menyenagkan," paparnya dengan penuh antusias.

Ia mengatakan, tidak dipungkiri bahwa dengan adanya Covid-19 berdampak kepada seluruh kegiatan yang seharusnya dilakukan tatap muka kini harus dilakukan secara online. Namun, hal tersebut, kata Mince, tidak mematahkan semangat bagi seluruh panita pelaksana dan mahasiswa baru Polibatam untuk tetap melaksanakan Inagurasi.

"Melihat hal tersebut tentunya perlu diapresiasi dan kegiatan daring seperti ini dapat dijadikan contoh untuk melakukan kegiatan dikala pandemi. Semoga Covid-19 segera hilang dan kita semua dapat kembali beraktivitas secara normal seperti sebelumnya. Tetap semangat dan tetap patuhi protokol kesehatan saat beraktivitas diluar," kata dia.

Pada hari terakhir kegiatan Inagurasi, 19 September 2020 juga dilaksanakan Seminar Pendidikan Tinggi yang sekaligus dibarengkan juga dengan kegiatan penyambutan secara resmi Politeknik Negeri Batam kepada mahasiswa baru.

Narasumber kegiatan tersebut adalah Direktur Politeknik Negeri Batam (Uuf Brajawidagda, Ph.D), Wali Kota Batam/Kepala BP Batam, dan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI.

Selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru dan orang tuanya secara daring, juga diikuti oleh Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Politeknik Negeri Batam secara langsung dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Dengan adanya kegiatan Inagurasi ini diharapkan agar mahasiswa baru lebih siap memasuki perkuliahan, karena telah mendapatkan informasi tentang kampus dan perkuliahan, pengenalan jurusan dan program studi yang terkait, penjelasan tentang kegiatan kemahasiswaan, serta informasi lainnya.

Editor: Gokli