Ratusan Pemuda Batu Besar Gotong Royong Bersihkan Pasir di Jalanan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 26-09-2020 | 14:20 WIB
A-GOTONG-ROYONG-NONGSA.jpg
Para pemuda Batu Besar, Kecamatan Nongsa, gotong royong membersihkan pasir di jalan raya. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan Pemuda Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, melakukan gotong royong pembersihan pasir di Jalan Hang Jebat, Sabtu (26/9/2020).

Kegiatan gotong royong ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Batu Besar terhadap lingkungan yang kian hari semakin mulai meresahkan.

Ketua Persatuan Pemuda Batu Besar, Rama Dhany mengatakan, kegiatan gorong pembersihan Jalan Hang Jebat Kelurahan Batu Besar ini sebagai salah satu ajang untuk memupuk persatuan pemuda di daerahnya.

"Karena jalanan ini berdebu kalo kering dan berlumpur kalo hujan, disebabkan maraknya truk pasir yang melewati jalan raya ini," kata Dhany, Sabtu (26/9/2020).

Dhany menambahkan, selain bentuk kepedulian pihaknya terhadap lingkungan, kegiatan ini guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada setiap masyarakat yang melintasi jalan tersebut.

"Ini juga sebagai upaya memupuk persatuan di kalangan pemuda serta memberikan edukasi kepedulian pemuda terhadap lingkungan," ujarnya.

Meski maraknya aktivitas truk pasir di kawasannya, pihaknya mengaku tidak pernah melakukan aksi penolakan atau mungkin menolak adanya aktivitas pembangunan. "Tapi dampak dari pembangunan juga harus diperhatikan," ungkapnya.

Lanjut Dhany, jalanan Hang Jebat yang merupakan akses utama masyarakat Batu Besar kni memiliki peranan vital dan banyak dilalui orang ketika akhir pekan.

"Jalan ini merupakan penghubung ke Kawasan wisata Nongsa, di mana orang akan lalu-lalang menggunakan jalan ini. Kita ingin memberikan kenyamanan bagi orang yang melintas," tegasnya.

Setelah melakukan gorong di sepanjang jalan Hang Jebat, satu mobil tangki air pun diturunkan untuk membersihkan jalanan dari sisa-sisa pasir.

Editor: Dardani