10 Pasien Covid-19 di Batam Dinyatakan Sembuh, 336 Lagi Masih Dirawat
Oleh : Paskalis Rianghepat
Sabtu | 05-09-2020 | 11:48 WIB
update-sembuh1.jpg
Update Covid-19 di Kota Batam Per 5 September 2020. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasien positif Covid-19 di Kota Batam yang berhasil sembuh semakin meningkat dan terhitung sudah mencapai 394 orang dari total 763 pasien positif.

Kabar kesembuhan para pasien ini disampaikan Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, melalui keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020) kemarin.

"Hari ini, (Jumat kemarin) ada penambahan 10 orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing," kata Didi.

Menurut Didi, ke-10 pasien yang sembuh ini berdasarkan hasil negatif dari dua kali hasil swab test. Pasien yang sembuh, sebutnya, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan.

Perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batam, kata Didi, dalam beberapa waktu terakhir menuju trend positif seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh.

"Dengan penambahan ini, total pasien yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 394 orang dari 763 pasien positif. Ini merupakan trend positif, karena dengan kesembuhan ini, jumlah pasien positif Covid-di Batam tinggal 336 orang yang masih dirawat, sementara 33 lainnya telah meninggal dunia," ujarnya.

Adapun pasien yang dinyatakan, kata Didi, adalah sebagai berikut:

1. Pasien pertama yang sembuh berinisial An.MGID (kasus 424), Laki-laki berumur 7 Bulan, beralamat di Rusun BP Batam, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

2. Pasien ke-2 yang sembuh berinisial Ny. R (Kasus 442), berumur 46 tahun, Ibu Rumah Tangga, beralamat di Bida Ayu, Kelurahan Mangsang, Kecamatan Sei Beduk.

3. Pasien ke-3 yang sembuh berinisial Tn.MRU (kasus 444), berumur 32 Tahun, Swasta, beralamat di Kampung Melayu, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa.

4. Pasien ke-4 yang sembuh berinisial TB (kasus 450), laki-laki berumur 3 tahun, Belum Sekolah, beralamat di Griya Surya Kharisma, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji.

5. Pasien ke-5 yang sembuh berinisial Tn.M (kasus 455), berumur 40 tahun, Swasta, beralamat di Gang Delima, Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang.

6. Pasien ke-6 yang sembuh berinisial Tn.JBS (kasus 457), berumur 60 tahun, Swasta, beralamat di Ruko Tiban Bukit Asri, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang.

7. Pasien ke-7 yang sembuh berinisial Nn.DH (kasus 460), berumur 16 tahun, Pelajar, beralamat di Gang Delima, Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang.

8. Pasien ke-8 yang sembuh berinisial Nn.FH (kasus 461), berumur 14 tahun, Pelajar, beralamat di Gang Delima, Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang.

9. Pasien ke-9 yang sembuh berinisial MSS (kasus 463), Perempuan berumur 11 tahun, Pelajar, beralamat di Gang Delima, Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang.

10. Pasien ke-10 yang sembuh berinisial Ny.AAL (kasus 465), berumur 67 tahun, IRT, beralamat di Gang Delima, Kelurahan Tiban Lama, Kecamatan Sekupang.

Dengan demikian, berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menangani menyatakan para pasien tersebut telah sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Saat ini kondisi semua pasien dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian atau karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari," tutup Didi.

Editor: Yudha