Dua Pos Layanan Ditutup Sementara, Puluhan Petugas Medis RSUD Batam Jalani Uji Swab
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 29-08-2020 | 16:00 WIB
igd-rsudef-btm.jpg
IGD RSUD Embung Fatimah Batam ditutup sementara waktu. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan petugas medis di RSUD Embung Fatimah Batam menjalani uji swab, pascaditutupnya dua pos pelayanan, yakni Poliklinik Rawat Jalan dan IGD.

Uji swab yang dilakukan di rumah sakit tersebut berlangsung pada Jumat (28/8/2020). Hal ini, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, baik sesama petugas medis maupun masyarakat.

"Kemarin secara masal sudah dilakukan tes swab dari Tim IGD dan Poliklinik Rawat Jalan," ujar Humas RSUDEF Batam, Novita saat dikonfirmasi, Sabtu (29/08/2020).

Meskipun demikian, Novi tidak menyebutkan berapa banyak petugas yang mengikuti uji swab di Gedung Tun Sendari RSUDEF Batam. "Berapa banyak dan hasilnya, satu pintu ke Gugus Tugas Covid-19 Batam," tegas Novi.

Sebelumnya, sementara waktu dua pos layanan di RSUD Embung Fatimah Batam terpaksa ditutup. Penutupan layanan Poliklinik Rawat Jalan dan Instalasi Gawat Darurat (UGD) terhitung mulai Jumat (28/08/2020). "Mulai hari ini, dua layanan Poliklinik Rawat Jalan dan IGD ditutup," ujar Novita.

Ia mengaku belum mengetahui kapan dua layanan itu kembali buka dalam melayani kesehatan masyarakat Kota Batam. "Penutupan sampai waktu yang tak ditentukan," tegasnya.

Direncanakan selama ditutup akan dilakukan proses disinfeksi ruangan serta melanjutkan proses screening di dua unit layanan yang beraktivitas.

Ia juga menyatakan proses tracking dan upaya pencegahan meluasnya penularan virus corona dari kasus yang muncul di RSUD-EF Batam terus dilakukan. "Kami pun melakukan review terhadap protokol kesehatan di layanan IGD dan Poliklinik," tutupnya.

Editor: Gokli