20 Jam Berlalu, Proses Pemadaman Api di PT De Hong Baru Masuk Tahap Pendinginan
Oleh : Putra Gema
Kamis | 20-08-2020 | 16:44 WIB
20-jam.jpg
Petugas Damkar Batam 20 jam berjibaku padamkan api di PT De Hong. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemko dan BP Batam menerjunkan belasan armada untuk memadamkan kobaran api di gedung PT De Hong, Kawasan Executive Industrial Park, Batam Center.

Kebakaran hebat ini terjadi pada Rabu (19/8/2020) malam. Perusahaan ini bergerak di bidang pengelolaan kertas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemko Batam, Azman mengatakan, pihaknya mendapati laporan telah terjadi kebakaran di kawasan Executive Industrial Park.

Mendapati laporan tersebut, pihaknya langsung berkordinasi dengan BP Batam untuk menurunkan seluruh armada di setiap pos Kota Batam. "Total armada yang kami terjunkan 15 unit, gabungan Pemko dan BP Batam," kata Azman, Kamis (20/8/2020).

Dijelaskannya, proses pemadaman yang tergolong lama ini dikarenakan banyaknya bahan yang mudah terbakar di dalam dan luar gedung tersebut.

Sejak pukul 20.15 WIB pihak pemadam kebakaran berusaha terus memadamkan api yang berkobar hebat di perusahan tersebut. Hingga saat ini, pukul 16.28 WIB, pihaknya masih terus melakukan upaya pendinginan.

"Sejak kejadian sampai saat ini, sudah sekitar 20 jam tim berjibaku di lokasi kebakaran itu. Saat ini masih kami lakukan pendinginan di kawasan tersebut karena masih ada beberapa titik api kecil," ujarnya.

Sebelumnya, pengakuan dari kepala keamanan PT De Hong, Sukses P Manurung menjelaskan, insiden kebakaran ini terjadi pada pukul 20.18 WIB. "Kebetulan semua karyawan sedang jam istirahat makan malam dan saat itu sedang berada di luar gedung," kata Sukses di lokasi.

Dijelaskannya, pihaknya mengetahui kebakaran tersebut terjadi setelah salah seorang karyawannya masuk ke dalam gudang produksi. "Saat salah seorang pekerja masuk ke dalam gudang, dia melihat salah satu aliran listrik terputus dan langsung memicu api," ujarnya.

Lanjut Sukses, pihaknya sempat berusaha memadamkan api, akan tetapi api semakin membesar dan secara cepat membakar tumpukan kertas. "Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini," tegasnya.

Editor: Gokli