Program TMMD Kodim 0316 Batam, Kampung Tua Tanjungundap Kini Miliki Jalan yang Layak
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 18-07-2020 | 10:44 WIB
tmmd-kodim-batam1.jpg
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0316/Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah puluhan tahun masyarakat Tanjunguncap, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung berkeinginan memiliki akses jalan yang layak, sebagai salah satu kampung tua di Batam.

Namun hal itu baru tersentuh setelah melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), TNI AD dari Kodim 0316/ Batam melakukan semeninasi jalan sepanjang 1.063 meter di kampung tua Tanjungundap.

Semenisasi jalan ini sudah berjalan selama tiga pekan terakhir ini dan sudah hampir rampung. Untuk memastikan proyek ini berjalan dengan maksimal, Aspers KASAD Mayjen TNI Heri Wiranto dan jajaran melakukan kunjungan ke lokasi dalam pengawasan dan evaluasi ke lokasi TMMD, Jumat (17/7/2020) sore kemarin.

"Saya dapat perintah untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan TMMD di Kampung Tua Tanjungundap," ujar Heri Wiranto.

Dalam kunjungannya tersebut, ia kagum dengan hasil kerja prajurit TNI AD Kodim 0316 serta semua pihak yang terlibat dengan pengerasan jalan jalan tersebut.

"Sudah cukup bagus dan inilah yang kita harapkan. Ini tidak saja TNI AD tapi juga semua pihak mulai masyarakat, Polisi, TNI AL dan semua perangkat pemerintah yang ada di sini. Semoga jalan ini bermanfaat bagi masyarakat di sini," ujar Heri.

Perwakilan tokoh masyarakat Tanjungundap Afis Wardi dalam arahannya mengaku cukup terharu dengan tindakan nyata TNI AD itu. Akses jalan yang layak memang sudah lama didambakan masyarakat Tanjungundap, sebab selama ini hanya berupa jalan tanah saja. Saat musim hujan masyarakat di sana sangat kewalahan untuk keluar dari kampung mereka karena becek dan berlumpur.

"Saya mewakili masyarakat disini cukup terharu dengan tindakan bapak-bapak TNI. Sebelum kota Batam kampung kami sudah duluan ada tapi baru sekarang jalan kami dibagusin. Ini sangat diapresiasi oleh 188 KK masyarakat di sini. Semoga bapak-bapak TNI sehat selalu sehingga lebih banyak lagi membantu masyarakat seperti kami ini," ujar Afis.

Pada kesempatan yang sama Afis juga menyampaikan harapan bersama dari masyarakat Tanjungundap yakni kelanjutan semeninasi jalan dari lokasi gerbang kampung tua sampai ke jalan Trans Barelang.

"Sekitar dua kilometer lagi yang belum disemenisasi. Kebetulan ada orang Pemko juga di sini semoga bisa merespon nya nanti seperti yang dilakukan bapak-bapak TNI ini," harap Afis.

Perlu diketahui proyek semenisasi jalan ada tiga titik yakni jalur utama dari dalam Kampung hingga ke gerbang Kampung Tua sepanjang 461 meter, jalan masuk ke lingkungan pemukiman pertama sepanjang 572 meter dan jalan masuk lingkungan dua sepanjang 75 meter.

Proyek semenisasi jalan ini dilaksanakan langsung oleh prajurit TNI dari Kodim 0316 Batam dengan ketebalan coran semen yang dibangun mencapai 0,20 meter.

Editor: Yudha