Arif Fadillah Lega, Bilik Swab Tiba di RSKI Galang
Oleh : Putra
Minggu | 12-07-2020 | 13:33 WIB
Bilik_swab_RSKI.jpg
Bilik swab RSKI Galang, Batam yang akan mempercepat proses laboratoroium penanganan pandemi Covid-19 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengaku lega RSKI Galang akhirnya dilengkapi dengan PCR dan bilik swab. Alat tes itu akan mempercepat proses laboratorium sehingga membantu Kepri dalam penanganan pandemi.

Arif mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pemerintah Pusat melalui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Doni yang juga Kepala Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 telah memenuhi permintaan Pemprov Kepri untuk memberikan satu bilik swab mandiri berupa alat Walking Through Booth.

Arif menyampaikan apresiasi itu setelah mendengar informasi dari Kepala RSKI Pulau Galang, DR dr Kolonel Khairul Ikhsan Nasution SpBS, bahwa bilik swab mandiri tersebut sudah sampai di RSKI (Rumah Sakit Khusus Infeksi) dan bahkan telah terpasang dengan baik.

"Saya lega sekali dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNPB, Pak Doni yang telah mengabulkan permohonan Kepri atas permintaan bilik swab mandiri ini. Kita berharap bilik swab mandiri ini bisa membantu Pemprov Kepri dalam Percepatan dan Penanganan Covid-19," tutur Arif, Sabtu (11/7/2020).

Arif menuturkan permintaan bilik swab mandiri tersebut disampaikan ketika video conference antara Gugus Tugas Covid-19 Kepri yang dihadiri Arif Fadillah selaku Ketua Harian Gugus Tugas dengan Menteri Koordinator PMK ( Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia) Muhadjir Effendy.

Saat itu Arif ditanya apa yang dibutuhkan Kepri dalam rangka mengoptimalkan RSKI Galang. Kemudian Arif menjawab bahwa perlu alat PCR agar proses laboratorium bisa cepat untuk wilayah Kepri sehingga tidak perlu lagi dikirim sampel ke Jakarta.

"Begitu saya minta PCR, Pak Doni langsung bilang siap dan segera kirim. Bahkan Panglima TNI bilang siap dan menyiapkan Hercules untuk membawa alat swab mandiri untuk PCR tersebut ke RSKI Batam. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik ini,"ujar Arif.

Menurut Arif, dengan telah dimilikinya alat PCR ini, hasilnya dapat diketahui dengan cepat dalam hitungan jam tanpa harus menunggu berhari-hari lagi.

Kepala RSKI Covid-19 Galang, Kolonel Khairul Ikhsan Nasution, Jumat (10/7/2020) menyatakan hingga kini, baru rumah sakitnya yang memiliki kelengkapan alat itu secara mandiri di Kepri.

Menurut dia, bilik swab meningkatkan keamanan petugas saat mengambil sampel cairan tenggorokan, karena tidak langsung berhadapan dengan pasien. Selain itu, rangkaian alat itu juga mempersingkat waktu tes swab PCR.

"Hasil swab RSKI Galang dengan menggunakan bilik swab mandiri ini hanya butuh waktu 6 jam. Begitu pasien dites pagi, sore kita sudah dapat hasilnya, positif COVID-19 atau tidak," kata dia. Ia menjelaskan, dengan alat itu, maka pasien hanya perlu berdiri di depan bilik. Kemudian, petugas menuntun proses pengambilan sampel dari dalam bilik.

Setelah selesai, pasien menyerahkan sampel ke petugas, lalu dilanjutkan dengan proses laboratorium. Enam jam kemudian hasil tes swab sudah bisa diketahui.

"Kami siap menerima pasien dalam jumlah besar setelah bilik swab mandiri ini dioperasikan. Saat ini kami sedang menunggu petugas-petugas labor yang saat ini tengah dipersiapkan," kata dia.

Editor: Surya