Pernah Menjabat Dandim Batam, Danrem 162/WB Ahmad Rizal Kini Berpangkat Brigjen
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 13-06-2020 | 14:04 WIB
ahmad1.jpg
Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Danrem 162/Wira Bhakti, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahmad Rizal Ramdhani menerima kenaikan pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen.

Pangkat dengan simbol tiga melati yang biasa tersemat di bahu kiri dan kanannya, kini sudah berganti menjadi bintang. Suatu kebanggan tersendiri, putra melayu ada yang menjadi jenderal di lingkungan TNI AD.

Sebelum menjabat sebagai Danrem dan mendapat gelar jenderal begitu banyak perjuangan yang dilalui.

Sepenggal kisahnya juga terukir saat berdinas di jajaran Kodam I/Bukit Barisan sejak tahun 1993 hingaa tahun 2014. Salah satunya, menjabat sebagau Dandim 0316/Batam (2011-2013).

Saat menjabat Dandim 316 Batam, lelaki kelahiran Jakarta 19 November 1970 itu, banyak mengukir prestasi hingga Kodim dikenal seluruh masyarakat.

Sebab, Alumni Mahasiswa Uniba dan pernah berkuliah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Umsu), dikenal ramah. Selain itu, ia juga selalu mengutamakan kepentingan masyarakat.

Dari catatan wartawan, setiap ada kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat, ia langsung turun ke lapangan.

Selain itu, jika ada pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), ia selalu datang dan tidak pernah digantikan anggota. Terkecuali jika memang ada hal paling penting yang membuatnya tidak bisa hadir.

Di mata anggota, Rizal juga sosok pemimpin yang disegani. Dalam sosoknya yang ramah, juga memiliki wibawa serta menjadi panutan kedisiplinan dalam bertugas.

"Beliau adalah pimpinan yang sangat kami cintai. Kepada anggota bersikap tegas dan berwibawa, serta mau berinterakai langsung memberikan bimbingan," ujar salah satu personil Kodim 0316/Batam, yang enggan disebutkan namanya.

Ia pindah meninggalkan Batam, pada Rabu (3/4/2013), yang ditandai sertijab Dandim 0316/Batam. Tak heran, isak tangis haru seakan enggan berpisah dari anggota mewarnai perpisahan tersebut.

Sertijab itu dipimpin Danrem 033/WP, Brigjen TNI Deni K Irawan, di lapangan Makodim 0316/Batam. Meski enggan berpisah, namuj tugas baru sudah menantinya.

Ia harus menjalankan tugas di Jakarta, sebagai Pabandya 3/Binapintel Spaban I/Ren Spamad. Sebagai penggantinya adalah Letkol Arh Harvin Kidingalo.

Kiprahnya terus terdengat di setiap tugas yang diemban. Kini, simbol bintang sudah melekat di bahu kiri dan kanan pakaian PDL-nya.

Selamat Jenderal!

Editor: Gokli