Rian Ernest Dorong Tes Swab Secara Masif
Oleh : Irwan
Kamis | 11-06-2020 | 13:25 WIB
rian-kritik1.jpg
Calon Walikota Batam dari jalur independen, Rian Ernest (Foto: Dok BATAMTODAy.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Calon Walikota Batam dari jalur independen, Rian Ernest mengaku tidak heran jika angka penularan dan kematian karena Covid-19 tinggi di Batam.

Pasalnya, Walikota terkesan membiarkan warganya dalam resiko tinggi, salah satunya membiarkan berkumpul sampai berfoto-foto di alun-alun Engku Putri, Batam Center yang setiap malamnya ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Untuk itu, Rian Ernest mendorong agar Tim Gugus Covid-19 Kota Batam segera melakukan Tes Sweb secara masif di masyarakat, agar suspect COVID-19 bisa terlacak dan tertangani.

"Dengan Sweb Tes yang masif dapat dilakukan penanganan secara cepat, sembari memikirkan bagaimana membangkitkan kembali ekonomi Batam," imbau Cawako muda ini melalui rilisnya, Kamis (11/6/2020) siang.

Rian, mengatakan Tim Gugus Covid-19 harus terus menerus memberikan pemahaman apa adanya kepada masyarakat, jangan malah masyarakat dibuat bingung.

"Sesudah penanganan kesehatan maksimal, barulah kita bisa bicara pemulihan ekonomi," jelasnya.

Imbauan Rian ini, juga sebagai bentuk partisipasi aktif menanggapi pernyataan Walikota Batam, HM Rudi dalam isu menyiapkan kebangkitan ekonomi Batam.

Dorongan dilaksanakan Tes Sweb secara masif juga berkaca dari pernyataan Ketua Tim Posko Lawan Covid-19 Provinsi Kepri, Buralimar.

"Lihatlah faktanya, menurut Buralimar, Ketua Tim Posko Lawan COVID-19 Kepri, sebanyak 108.000 penduduk Batam perlu swab test, untuk memastikan titik penyebaran COVID-19," menirukan penggalan kutipan Buralimar di salah satu media.

Sehingga menurutnya, Pemko perlu lebih ketat dan detil menangani COVID-19, memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat, tegas dan disiplin serta dilakukan dengan cara yang simpatik.

Editor: Surya