Sajian Kreativitas untuk Membantu Sesama dari Gerakan Batam Berbagi
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 13-05-2020 | 17:52 WIB
berbagi-batam.jpg
Gunawan salah seorang penggagas Gerakan #BatamBerbagi dan seroang rekannya. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Corona virus yang menyebar di Indonesia dalam beberapa bulan belakangan ini mengakibatkan banyak sektor ekonomi mengalami perkembangan yang sangat buruk, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu yang paling berdampak di Indonesia terkhusus Batam yang notabene menjadi kota persinggahan banyak turis asing asal Malaysia dan Singapura.

Event yang menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di Batam juga terpaksa ditiadakan hingga batas waktu yang belum ditentukan, dampaknya para pekerja harian yang bergantung pada event juga merasakan kesulitan dari sisi ekonomi, diperkirakan hingga 9.000 orang yang terdampak dari sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif.

Menanggapi hal itu, Ivendo Kepri, Aksi Cepat Tanggap Kepri, Creative Space Batam dan Puma Studio berkolaborasi membentuk Gerakan #BatamBerbagi. "Gerakan ini dibentuk atas dasar kepedulian kita pada teman-teman freelance yang terdampak saat ini, mereka kehilangan banyak pekerjaan karena banyak event yang harus ditunda," ungkap Gunawan salah seorang penggagas Gerakan #BatamBerbagi, Rabu (13/5/2020).

Gerakan #BatamBerbagi bersifat kerelawanan, sehingga semua yang terlibat di dalamnya secara ikhlas meluangkan waktunya untuk menggalang kepedulian masyarakat untuk peduli terhadap para pekerja harian yang ada di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Pada dasarnya ini bersifat kerelawanan, jadi semua yang terlibat di sini ikhlas meluangkan waktunya untuk membantu teman-teman yang sangat terdampak di sini," tambah Gunawan.

Tidak hanya sebatas menggalang donasi 'Batam Berbagi' juga memberikan sajian konten menarik agar masyarakat betah di rumah saja, live talkshow melalui sosial media, tips memasak, hidup sehat hingga tips parenting juga disajikan, sehingga Gerakan ini juga mampu memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Kolaborasi bernilai kebaikan, teman-teman dari Ivendo Kepri, Creative Space dan Puma Studio meramu bagaimana Gerakan ini juga bisa membuat masyarakat tetap betah untuk di rumah saja, selain menebar kebermanfaatan untuk mereka yang terdampak juga memberikan sajian menarik di sosial media," ungkap Agus Suprianto dari Aksi Cepat Tanggap.

Pandemi sudah berlangsung sejak awal Januari lalu hingga menjelang pertengahan tahun ini dampaknya masih dirasakan banyak masyarakat, Gerakan-gerakan kedermawanan juga semakin banyak termasuk Gerakan Batam Berbagi, untuk itu bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi membantu sesame dapat menyalurkan bantuannya melalui batam.indonesiadermawan.id/batamberbagi atau bisa langsung menuju posko Batam Berbagi di komplek Khazanah Plaza Blok RA nomor 17, Sukajadi.

Editor: Gokli