Seorang Pelajar di Batam Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 05-05-2020 | 18:52 WIB
5-mei-2020.jpg
Update data kasus Covid-19 di Kepri per 5 Mei 2020. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pelajar di Kota Batam kembali terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona atau Covid-19.

Hal ini menambah jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam per tanggal 5 Mei 2020 menjadi 36 kasus.

Pelajar yang terkonfirmasi Covid-19 diketahui berdasarkan rilis update data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, pada Selasa (5/5/2020).

Dijelaskan dalam rilis itu, berdasarkan hasil screening dan tracing closes contact dari beberapa kasus cluster, dan kasus baru yang ditemukan pada pasien dalam perawatan (PDP) di beberapa rumah sakit, terdapat 1 orang perempuan warga Batam terkonfirmasi positif.

"Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam pada beberapa rumah sakit di Kota Batam," mengutip rilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam.

Pasien yang bersangkutan, adalah anak kandung dari kasus Covid-19 nomor 22 yang berasal dari Cluster kantor ASN Pemberdayaan Perempuan Kota Batam yang saat ini telah dinyatakan sembuh.

"Pelajar ini adalah seorang perempuan berinisial RT (16 tahun 11 bulan), beralamat di kawasan perumahan Batam Centre, Kecamatan Batam Kota. Ia merupakan kasus baru Covid-19 nomor 36 di Kota Batam."

Sebelum terkonfirmasi positif, sesuai hasil tracing yang dilakukan Tim Surveilans dan Epiodemiologi Dinkes Batam, pada tanggal 16 April 2020 dilakukan RDT bersama ayah dan dua orang saudaranya yang lain, hasil yang bersangkutan disimpulkan Reaktif sedangkan ayah dan dua saudaranya Non Reaktif.

Selanjutnya, pada tanggal 01 Mei 2020, mereka semua melakukan pemeriksaan swab tenggorokan, hasilnya baru diterima pada hari ini yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi positif, sedangkan ayah dan seorang saudaranya terkonfirmasi negatif.

"Sementara satu orang saudaranya yang lain masih dalam proses pemeriksaan laboratoriumnya," tulis Gugus Tugas Batam.

Saat ini, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik dan stabil, serta sedang proses persiapan untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi RSUD Embung Fatimah Kota Batam guna penanganan medis lebih lanjut. "Guna memutus mata rantai penyebarannya, saat ini tim survelans sedang melakukan proses contact tracing, dan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak dengan yang bersangkutan," tutup siaran pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam.

Editor: Gokli