Bertambah Satu Lagi, Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Batam Jadi 15
Oleh : CR3
Rabu | 15-04-2020 | 08:05 WIB
corona_virus121.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah Pasien terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) di Kota Batam bertambah tiga orang. Atas tambahan itu, kasus positif Corona di Kota Batam hingga hari ini, Rabu (15/4/2020), menjadi 15 orang.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan sample swab dari BTKL PP Batam, hingga hari ini terdapat 3 orang warga Batam terkonfirmasi positif corona, yang terdiri dari 1 orang laki-laki dan 2 orang perempuan," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Azril Apriansyah melalui selularnya.

Adapun pasien yang terkonfirmasi positif, kata Azril, adalah seorang laki-laki berusia 42 tahun, ASN, dan merupakan warga Batam yang beralamat di kawasan Batam Centre.

Yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dari tanggal 4 hingga 6 Maret 2020 bersama rekan sekantornya. Ia juga merupakan rekan satu kantor dengan pasien kasus 07 dan 08 yang sudah terkonfirmasi positif lebih dulu.

"Sehubungan telah ditetapkannya pasien 07 dan 08 terkonfirmasi positif corona, ia dan rekan kerjanya yang lain melakukan RDT di salah satu puskesmas dengan kesimpulan hasil Reaktif. Untuk memvalidasi hasil RDT sebelumnya, yang bersangkutan kembali dilakukan pemeriksaan sample swab dan pada hari Senin (13/4/2020). Ia terkonfirmasi Positif corona dan ditetapkan sebagai kasus baru No 13 di Kota Batam," ujarnya.

Berdasarkan hasil anamnesa yang dilakukan, kata dia, saat ini kondisi fisik pasien No 13 masih stabil. Namun ada keluhan sakit tenggorokan diikuti dengan batuk ringan sehingga dilakukan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan RSBP Batam guna penanganan medis lebih lanjut.

Untuk pasien yang terkonfirmasi berikutnya adalah seorang perempuan berusia 39 tahun. Ia merupakan guru sekolah swasta di Kawasan Sukajadi, Batam Centre dan beralamat di Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam.

Pada tanggal 16 Maret 2020 lalu, Azril menjelaskan, yang bersangkutan pernah bersama dan kontak dekat dengan kasus terkonfirmasi 04, yang merupakan rekan kerjanya sesama guru di sekolah yang sama.

Sesuai hasil tracing yang diperoleh dari kasus 04, sambungnya, yang bersangkutan oleh tim medis salah satu puskesmas melakukan RDT dengan kesimpulan hasil Reaktif. Kemudian pada hari Jum'at (10/4/2020), Tim BTKLPP melakukan pengambilan sample swab dan diketahui pada hari Senin (12/4/2020), ternyata hasilnya Terkonfirmasi Positif sehingga ditetapkan sebagai kasus baru No 14 di Kota Batam," imbuhnya.

Setelah terkonfirmasi positif, terang Azril, yang bersangkutan telah menjalani isolasi rawat inap di ruang isolasi/PIE RSBP Batam untuk penanganan lebih lanjut.

Dijelaskan Azril, pasien terakhir yang terkonfirmasi positif adalah seorang perempuan berusia 33 Tahun, ASN, warga Kota Batam yang beralamat di kawasan Batam Centre.

"Untuk kasus terakhir, merupakan rekan satu kantor dengan kasus Nomor 07, Nomor 08 dan Nomor 13. Namun, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan keluar Kota," tandasnya.

Usai ditetapkan sebagai pasien yang terkonfirmasi positif corona berdasarkan hasil pemeriksaan sample swab di salah satu rumah sakit swasta di kawasan Batam Centre, Pada hari Rabu (14/4/2020) kemarin, ia ditetapkan sebagai kasus baru Nomor 15 di Kota Batam.

Azril menuturkan, dari hasil anamnesa yang dilakukan saat ini, kondisi fisik yang bersangkutan terlihat sehat dan stabil. Tetapi, setelah mendapat informasi mengenai hasil swabnya, ia mengeluh tenggorokannya terasa sedikit gatal.

"Guna penanganan medis lebih lanjut, saat ini yang bersangkutan dalam proses persiapan untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan RSBP Batam," pungkasnya.

Editor: Yudha