Polda Kepri Imbau Pusat Belanja Sisipkan Satu Set Pencuci Tangan dan Digital
Oleh : Hadli
Sabtu | 28-03-2020 | 14:48 WIB
HIMBAUAN-Polda-Kepri.jpg
Himbaukan menjaga kebersihan dan lingkungan dari Kapolda dan Wakapolda Kepri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kepri, Kombes Pol Bambang Sigit Priyono mengajak semua pelaku usaha untuk membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran virus cobid-19 lebih meluas.

Pemerintah, kata Sigit, telah memberlakukan Sistem Lockdown mandirk, selain arus pintu masuk orang, masyarakat juga dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan bila berpergian hanya bersifat kebutuhan yang mendesak.

Salah satu kebutuhan yang mendesak, selain rumah sakit dan kantor polisi sebagai tempat layan publik, Sigit menambahkan pelayanan yang tidak bisa ditutup lainnya adalah pasar tradisional maupun pasar modern.

"Karena pasar basah dan supermarket tempat menyediakan sembako. Namun tempat ini harus benar-benar steril. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, pengelola pasar harus menyediakan air dan sabun di tiap-tiap pintu masuk atau akses kedalam pasar," tuturnya.

Penyediaan air dan sabun untuk masyarakat yang akan berbelanja, kata Sigit sangat penting dan bermanfaat disipkan pengelola dalam membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran covid-19 lebih meluas.

"Selain itu juga pengelola menyediakan alat Digital Thermometer (pengukur suhu tubuh). Jadi bila ada orang yang suhu tubuhnya diatas rata-rata petugas yang ditempatkan bisa menolak pengunjung tersebut masuk, dan segera melaporkan kepihak yang tepat agar bisa segera ditangani," himbaunya.

Lebih jauh disampaikan Sigit, Polda Kepri melalui Satgas Pencegahan Operasi Terpusat Aman Nusantara II penanganan Covid-19 Seligi 2020 bergerak cepat melakukan pencegahan. Samua Satker di Polda Kepri sampai jajaran Polresta di Kepri dilibatkan agar virus tersebut tidak menyebar luas.

Misalnya melakukan penyemprotan pada fasilitas-fasilitas umum, berbagai jalan protokol, tempat ibadah dan gedung lainnya yang dinilai perlu dilakukan dan mendatangi tempat-tempat keramaian untuk memberikan himbauan sampai dilakukan tindakan penegakan hukum bila langkah yang akan diambil nantinya telah tepat dari situasi ini.

Selain itu, juga dilakukan oparasi di laut. Kapal-kapal yang tengah melakukan aktifitas Lego jangkar juga disemprot dan dihimbau kepada awak kapal sesuai arahan Kapolri yang ditindak lanjuti Kapolda untuk tetap berada di atas kapal kecuali keluar untuk kebutuhan mendesak.

"Kami harapkan masyarakat patuh dan dapat mengerti langkah yang kami lakukan ini. Semua yang kami lakukan untuk kebaikan masyarakat dan negri ini dalam melawan wabah covid-19, agar situasi dan kondisi kamtibnas ditengah -temgah masyarakat tetap kondusif," tutup Sigit.

Editor: Dardani