Covid-19 Mewabah, Kapolda Kepri Berpesan Jaga Kesehatan Diri dan Keluarga
Oleh : Hadli
Sabtu | 28-03-2020 | 08:36 WIB
imbauan-kapolda1.jpg
Papan reklame imbauan kapolda antisipasi penyebaran virus corona. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perhatian dunia saat ini terfokus melakukan pencegahan terhadap virus corona yang mewabah dan melakukan penyembuhan kepada orang yang terpapar maupun kepada orang yang pernah berinteraksi dengan yang positif corona (Covid-19).

Dari kejadian yang menimpa hampir seluruh negara, Covid-19 jangan dianggap sepele dengan keganasannya. Wabah penyakit yang tidak tampak dengan kasat mata ini sangat berbahaya bila sudah menghinggapi tubuh seseorang.

Perlu dilakukan upaya pencegahan agar virus tersebut tidak menyebar lebih luas. Hal itu telah dilakukan perintah maupun instansi lainnya, baik itu melalui kebijakan maupun kerjanya nyata dengan penyemprotkan cairan disinfektan di jalan, rumah ibadah dan gedung-gedung.

Kini saatnya masyarakat menyadari akan bahaya virus mematikan ini. Diantaranya menghindari dari kerumunan, menjaga kebugaran, berolahraga, menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andal Budhi Revianto mengajak masyarakat khususnya Kepri untuk hidup sehat dengan cara menjaga kesehatan dan kebugaran dengan berolahraga, mencuci tangan dengan air dan sabun.

Selain itu juga harus dilakukan dengan menutup hidung dan mulut dengan tisu pada saat bersin, hindari menyentuh mata dan mulut dengan tangan, jangan makan daging yang belum benar-benar matang, gunakan masker di tempat umum pada saat sakit.

Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Kepri Kombes Pol Bambang Sigit Priyono mengatakan, dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran virus covid-19 masyarakat harus mengikuti himbauan dari pemerintah dan intruksi Kapolri melalui Kapolda Kepri.

"Diisolasi itu sangat-sangat tidak enak, apalagi sudah terpapar virus. Untuk itu upaya memutus penyebaran perlu disadari semua masyarakat tanpa kecuali. Ini penting, apalagi kita tidak hidup sendiri ada keluarga anak istri di rumah yang bisa mengancam mereka bila kita mengabaikan semua ini," kata Sigit.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti setiap anjuran pemerintah. Hal ini bertujuan agar wabah virus mematikan yang lebih dikenal dengan nama Corona ini dapat benar-benar diputuskan mata rantainya. Sehingga situasi dan kondisi di tegah masyarakat bisa normal kembali.

Editor: Yudha