Dalam Waktu Dekat, Batam akan Miliki Alat Pemeriksaan Spesimen Covid-19
Oleh : Putra
Kamis | 12-03-2020 | 16:04 WIB
Slamet_Mulsiswanto_batam.jpg
Kepala BTKLPP Kelas I Batam, Slamet Mulsiswanto (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam waktu dekat, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam akan bisa memeriksa spesimen pasien Covid-19 (corona) secara langsung.

Kepala BTKLPP Kelas I Batam, Slamet Mulsiswanto mengatakan, pihaknya akan bisa memeriksa spesimen pasien virus corona dengan waktu penentuan pasien tersebut negatif atau positif corona dengan kurun waktu 2 hari.

Diungkapkannya, pihaknya juga sudah menerima beberapa alat labor untuk memeriksa spesimen pasien corona tersebut. "Alatnya beberapa.sudah ada di kantor," kata Slamet, Kamis (12/3/2020).

Ia mengatakan, ada beberapa alat primeir yang masih dipersiapkan untuk dikirim ke daerah. Setidaknya Dinkes menyiapkan 10 daerah yang nantinya bisa memeriksa spesimen pasien virus corona.

"Salah satunya Batam, kita tidak hanya untuk pasien Kepri saja, tetapi juga Jambi dan Riau," tegasnya.

Meski begitu, dirinya belum bisa memastikan kapan lab itu bisa difungsikan, karena masih ada beberapa alat yang belum sampai di Kota Batam.

Diungkapkannya, hingga saat ini BTKLPP Kelas I Batam telah mengirim 83 spesimen pasien COVID-19. Hasilnya, 79 negataif dan empat orang lagi masih menunggu.

"Semoga setelah adanya alat nanti, pencegahan lebih cepat, karena akan mengirit waktu sekitar 2 hari," tutupnya.

Editor: Surya