Jalan Menuju Pelabuhan Batuampar Bakal Dibangun Jadi Delapan Lajur
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 11-03-2020 | 11:28 WIB
rudi-batuampar21.jpg
Kepala BP Batam, HM Rudi saat meninjau pelabuhan Batuampar. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, HM. Rudi mengatakan akan ada penambahan lajur jalan demi kelancaran arus bongkar muat di Pelabuhan Batuampar.

"Kita baru selesai melaksanakan kunjungan dalam rangka penambahan lajur jalan yang ada di jalan antara Batuampar, Simpang Polsek hingga ke kawasan Indomobil sampai masuk ke Makobar. Dan kita juga sudah meninjau pelabuhan ini sendiri (Batuampar)," ujar Rudi, Selasa (10/3/2020).

Dijelaskan, akan ada penambahan dua lajur jalan di sekitar area pelabuhan. Hal ini nantinya, agar proses keluar masuk barang serta kendaraan berat bisa berjalan lancar tanpa mengalami macet .

"Sementara akan kita buka dan menambah dari dua lanjur menjadi empat lanjur. 4 kiri dan 4 kanan. Dan seluruh simpang jalan akan kita buka, supaya nantinya keluar masuk barang, kendaraan berat atau trailer di pelabuhan Batuampar ini bisa berjalan lancar. Karena pelabuhan akan segera kita bangun melalui Pelindo II," terangnya.

Alur proses pelebaran jalan akan dilakukan mulai dari pintu masuk kawasan pelabuhan Batuampar, menuju Simpang Indomobil. Begitu juga dengan Batuampar ke arah Seipanas.

"Kita ingin agar lalu lintas kendaraan lancar. Termasuk kontainer yang membawa barang-barang dari pelabuhan Batuampar," kata Rudi.

Namun untuk proyek pengerjaan jalan ini dia katakan tentunya dalam jangka waktu bukan setahun. Hal ini akan bisa memakan waktu dua hingga tiga tahun.

"Maka untuk meningkatkan itu, BP Batam harus menyiapkan infrastruktur untuk menunjang lancarnya proses bongkar muat barang-barang yang dibawa dari Batuampar ini sendiri," tutupnya.

Editor: Yudha