Kementerian PUPR Mulai Kerjakan Ruang Observasi dan Isolasi Penyakit Menular di Pulau Galang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-03-2020 | 14:28 WIB
rs-corona-galang.jpg
Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono saat mengunjungi bekas camp Kampung Vietnam, Pulau Galang Kota Batam, Senin (09/03/2020). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono bersama rombongan mengunjungi bekas camp Kampung Vietnam, Kecamatan Galang, Pulau Galang Kota Batam, Senin (09/03/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Di lokasi itu akan dibangun ruang observasi dan ruang isolasi penyakit menular, termasuk corona virus.

Basuki mengunjungi beberapa lokasi bekas camp Vietnam yang akan dijadikan tempat penampungan penyakit menular tersebut, termaksuk bekas rumah sakit yang dibangun PBB pada tahun 1980.

"Luas keseluruhan 80 hektar terdiri dari semua fasilitas kehidupan sejak tahun 1980 sampai 1990. Ada lokasi pemakaman, beberapa pos penjagaan dan bekas rumah sakit," ujar Basuki usai meninjau lokasi.

Basuki mengatakan, bekas rumah sakit PBB akan digunakan untuk ruang pendukung observasi dan isolasi. Mulai ruang administrasi, ruang dokter, ruang tenaga media, gudang, dapur dan londry.

"Kami ditugasin untuk merehap bekas rumah sakit. Dan saya lihat rumah sakit itu masih bisa dimanfaatkan. Struktur bangunan saja yang menggunakan baja masih bagus, dindingnya juga masih kuat. Tinggal material berbahan kayu seperti plafon yang kita perbaiki. Karena mulai kusam dan lapuk akan kita ganti. Intinya bekas rumah sakit ini bisa digunakan," papar Basuki.

Editor: Dardani