Ribuan Anak TK Antusias Ikuti Senam Massal di Alun-alun Engku Putri
Oleh : CR3
Sabtu | 29-02-2020 | 11:40 WIB
anak-tk1.jpg
Kegiatan senam massal siswa TK di Alun-alun Engku Putri Batam Centre. (Foto: Pascall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan siswa Taman Kanak-kanan (TK) se-Kota Batam turut ambil bagian dalam kegiatan senam massal di Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Sabtu (29/2/2020).

Mengenakan pakaian olahraga masing-masing sekolah, anak-anak bersama orang tuanya tampak antusias mengikuti senam massal dengan tema "Tematik Pembelajaran TK Senam Massal Orang Tua dan Anak" yang di inisiasi oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI - PGRI KOTA BATAM).

"Kegiatan senam massal ini diadakan atas inisiasi IGTKI- PGRI KOTA BATAM," kata Sekertaris Panitia, Maria Magdalena.

Menurutnya, olahraga harus sudah ditanamkan sejak dini. Selain itu, musik yang ceria dan mengandung pesan untuk saling mengasihi sesama murid dan menghargai guru adalah salah satu cara agar anak didik bisa belajar dengan cara menyenangkan.

"Senam ini selain untuk kesehatan juga berisi pesan bijak untuk saling mengasihi sesama murid dan menghormati para guru," katanya.

Dia megatakan, jika anak sejak dini sudah diberikan pendidikan berkarakter seperti sikap disiplin, peduli dengan lingkungan dan menjadi orang yang kreatif, maka bisa diharapkan menjadi anak yang cerdas pada masa yang akan datang.

"Untuk menyenangkan hati anak-anak, kegiatan senam masal ini juga akan di isi dengan Karnaval Pakaian Tematik oleh para Guru, serta pemberian Doorprize," tutupnya.

Kegiatan senam massal ini, sambungnya, diikuti oleh 14 ribu peserta yang terdiri dari 7 ribu anak-anak dan 7 ribu orang tua yang berasal dari seluruh sekolah TKK yang tersebar di 9 Kecamatan Se-Kota Batam.

"Selain tenaga kependidikan, pihak orang tua harus berperan aktif membimbing anak-anak mereka dengqn baik. Karena peran orang tua dan lingkungan juga sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan si anak sendiri," ucapnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh guru Taman Kanak-kanak, agar lebih giat lagi membentuk anak menjadi manusia yang berkarakter. Karena, di zaman yang serba modern ini, anak-anak terlalu di manja dengan berbagai aktifitas diluar dunia pendidikan sehingga menimbulkan jarak antara anak dan orang tuanya.

Ina Hodha, salah satu orang tua siswa sangat gembira melihat anak-anak antusias mengikuti senam tersebut.

"Namanya anak usia dini, kita harus mengenalkan beragam kegiatan yang positif sejak dini, puji Tuhan anak-anak juga senang," ucap Hodha.

Masih kata Ina Hodha, Ia rela datang jauh-jauh dari Tembesi, Sagulung, hanya untuk melihat anaknya tampil mengikuti senam massal.

"Bagi saya anak itu sangat berarti dan berharga. Saya rela jauh-jauh dari Tembesi demi medampinginya," pungkasnya.

Editor: Yudha