Musik Pujasera Bising Hingga Tengah Malam, Satpol PP Koordinasi sebelum Penertiban
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 04-02-2020 | 14:40 WIB
fridkalter.jpg
Sekretaris Satpol PP Kota Batam, Fridkalter P Pardede. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menanggapi keluhan masyarakat akan adanya pujasera dan kafe di sekitar kawasan Batuaji yang menggelar life music hingga larut malam, dan menimbulkan kebisingan serta mengganggu kenyamanan warga.

 

Sekretaris Satpol PP Batam Fridkalter saat dihubungi awak media, Senin (4/2/2020) mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk menertibkan pujasera-pujasera tersebut.

Fridkalter mengakui, mengenai persoalan ini masih terganggu dengan kegiatan oenertiban di tempat lain, karena penertiban masih difokus pada lokasi yang memang mendesak untuk ditertibkan, seperti lokasi pembangunan ataupun pelebaran jalan, serta adanya kemungkinan izin penggunaan lahan yang dipegang oleh pengelolah pujasera.

"Aturan sebenarnya tak boleh, tapi tidak begitu saja langsung kita tertibkan. Memang sudah lama dikeluhkan (pujasera samping RSUD) tapi tetap harus melalui prosedur," ujarnya.

Masih Fridkalter, prosedur itu diantara lain yakni harus mengkoordinasikan terlebih dahulu dengan instansi pemegang kewenangan lain agar tidak menimbulkan permasalah saat penertiban.

"Bisa saja pengelolanya punya izin pakai lahan dari instansi lain. Kita langsung tertiban bisa bermasalah nanti. Makanya butuh koordinasi. Nanti kalau memang sudah waktunya, pasti akan ditertibkan," jelasnya.

Perlu disampaikan juga, keluhan masyarakat mengenai pujasera seperti dekat RSUD Embung Fatimah ini sudah lama disuarakan. Tak hanya warga sekitar, kebisingan pujasera ini turut mengganggu kenyamanan pasien rawat inap RSUD, sebab berada persis di sampingnya.

"Kenapa pujasera-pujasera yang menyuguhkan musik hingga larut malam dibiarkan beroperasi dekat pemukiman warga. Di Batuaji dan Sagulung ini banyak, termasuk dekat RSUD Embung Fatimah. Sangat mengganggu pasien karena ada pujasera yang berada dekat kamar rawat inap," ungkap Iman, salah seorang keluarga pasien rawat inap RSUD Embung Fatimah kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (4/2/2020).

Editor: Dardani