Rudi Sebut WNI dari Wuhan Hanya Transit di Batam Sebelum Diobservasi di Natuna
Oleh : Hendra
Sabtu | 01-02-2020 | 16:40 WIB
rudi-transit.jpg
Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Persiapan pemulangan WNI dari Wuhan ke Batam telah disepakati akan transit untuk sementara waktu di Bandara Internasional Hang Nadim, sebelum diberangkatkan ke Natuna untuk proses observasi novel corena virus 2019 (n-COV2019).

"Kita telah meminta, jadi saudara yang datang di Batam ini harus dibawa langsung ke Natuna. Di Batam mereka hanya transit semata," ujar Wali Kota Batam, M Rudi saat diwawancara awak media, Sabtu (1/2/2020).

Mengenai proses evakuasi ini, dia katakan, Batam hanya mengikuti skenario yang telah ditentukan Pemerintah Pusat untuk penyelesaian masalah warga negara Indonesia yang ada di Wuhan.

"Kita di sini mengikuti apa yang menjadi arahan dari Pemerintah Pusat. Untuk menyelesaikan permasalahan warga negara kita yang ada di China atau Wuhan," lanjutnya.

Perihal waktu kedatangan WNI di Hang Nadim, Rudi menjelaskan belum mendapat kepastiannya, karena slot waktu pesawat itu ada di sana dan itu hak otoritas pemerintah sana (Tiongkok).

Sementara untuk teknis evakuasi di Batam disebutkan, para WNI tersebut akan keluar pesawat dari yang Wuhan tersebut dan kemudian berganti pesawat lainnya di Batam, sebelum bertolak ke Natuna.

Bagi Rudi sendiri, proses skenario evakuasi di Batam bukan lagi perkara siap tidak siap, pemerintah telah meminta Batam berpartisipasi dalam skenario evakuasi ini. "Maka kita akan laksanakan," terangnya.

Ditambahkannya, yang akan diberangkatkan dari Wuhan adalah WNI yang sehat dalam artian tidak terpapar secara positif.

Editor: Gokli