Cegah Virus Corona

Bandara Hang Nadim Sterilisasi Ruang Kedatangan Internasional dengan Disinfektan
Oleh : Hadli
Senin | 27-01-2020 | 14:04 WIB
Corona12.jpg
Pengecekan penumpang di Bandara Hang Nadim Batam. (Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) khusus Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyemprot ruangan kedatangan dengan cairan disinfektan untuk menetralisir virus corona.

Kepala BUBU Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan setelah penumpang keluar dari bandara.

"Yang disemprot ruangan. Jadi penumpang yang turun dari pesawat masuk ke ruangan kedatangan internasional, melewati scaner dan setelah ruangan itu kosong baru disemprot dengan cairan disinfektan," ujar Suwarso di bandara, Senin (27/01/2020).

Dia menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan ke ruangan kedatangan Internasional bertujuan agar bakteri atau kuman-kuman yang tertinggal bisa disteril.

"Suhu tubuh mereka dari pantauan alat scan masih dibatas normal, dan sejauh ini belum ada ditemukan," ucapnya.

Jika ada yang ditemukan, pihaknya juga sudah menyiapkan satu unit mobil ambulance untuk mengangkat pasien virus corona.

"Nanti eksekusinya langsung lewat appron, ambulan dari appron langsung keluar. Tidak dibawa lewat tempat tempat umum," ujarnya.

Penerbangan yang dihentikan sementara dari China ke Batam belum ada hingga saat ini. Pasalnya, penerbangan yang ke Batam belum ada dari Wuhan.

"Kita hanya dari Xen xen dan dari Xi an. Yang disuspend kami tidak tahu, belum ada dikoordinasi,” kata Suwarso.

Alat scaner di Bandara Hang Nadim sudah terpasang dan petugas disarankan memakai masker untuk mengantisipasi penularan. Sebab, penularan virus baru dengan kata lain disebut n-CoV 2019 tergolong cepat bila berinteraksi dengan pendireritanya.

Editor: Chandra