Jelang Imlek, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pasar Mitra Raya Merangkak Naik
Oleh : CR-3
Sabtu | 18-01-2020 | 15:52 WIB
pasar-mitra-raya.jpg
Aktivitas Pasar Mitra Raya, Batam Center, Sabtu (18/1/2020). (Foto: Pascal RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Kota Batam mulai merangkak naik menjelang perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020.

"Salah satunya bawang putih, sudah seminggu ini mengalami kenaikan harga dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 27 ribu," kata Sri Rahayu, salah satu pedagang di Pasar Mitra Raya Batam Center, Sabtu (18/1/2020).

Sementara harga bawang merah, kata Sri, juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari Rp 27 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu.

Menurut dia, kenaikan dua komoditas tersebut terjadi karena minimnya pasokan dari distributor. "Kata distributornya pasokan barangnya berkurang. Padahal biasanya kalau saat Imlek seperti ini pembelian dari konsumen banyak, terutama dari yang merayakannya" katanya.

Selain kedua komoditas ini, sebutnya, berbagai jenis sayur-sayuran juga mengalami kenaikan. Di antaranya, sayur kangkung di hari biasa seharga Rp 7 ribu per kilogram kini menjadi Rp 10 ribu.

"Rata-rata harga sayuran juga mengalami kenaikan. Kenaikan harga sayuran ini berkisar antara Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu per kilogramnya. Hal ini disebabkan kondisi cuaca buruk yang akhir-akhir ini melanda wilayah Provinsi Kepri dan Kota Batam pada khususnya," ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, harga cabe yang signifikan mengalami kenaikan, biasanya cabe merah dari Rp 35 ribu per kilogram kini mengalami kenaikan sebesar Rp 15 ribu menjadi Rp 50 ribu per kilogramnya.

Begitu juga sebaliknya dengan harga cabe rawit yang sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram kini beranjak naik menjadi Rp 55 ribu per kilogramya. "Harga cabe paling signifikan mengalami kenaikan. Hal ini karena permintaan konsumen yang bertambah, sementara pasokan terbatas. Apalagi menjelang Tahun Baru Imlek. Selain karena pasokan terbatas, cabe ini rata-rata berasal dari daerah luar Batam," terangnya.

Sementara itu, pedagang lain, Sakiyem, mengatakan untuk harga daging ayam masih stabil tinggi, yaitu Rp 33.000/Kg. Menurut dia, dari tahun baru hingga saat ini harga daging ayam belum mengalami penurunan.

"Sejak mengalami kenaikan saya tidak berani stok banyak, takut enggak laku. Tetapi selama mendekati Imlek ini saya berani stok banyak karena biasanya permintaan dari pembeli juga banyak," pungkasnya.

Editor: Gokli