Peringati Hakordia 2019 dengan Sejumlah Kegiatan

Integritas Harga Mati, Komitmen KPU BC Batam Lawan Korupsi
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 06-12-2019 | 18:52 WIB
hakordia-bc-btm.jpg
Customs Clean Up Day, di sekitaran dermaga sampai dengan Taman Kolam Sekupang, salah satu kegiatan yang dilakukan pegawai BC Batam dalam memperingati Hakordia 2019. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang diperingati setiap tanggal 9 Desember juga turut diperingati Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam dan Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea dan Cukai Batam dengan melaksanakan kegiatan senam bersama.

Kegiatan senam merupakan bentuk sinergi antar kantor dan untuk menjaga kekompakan yang sesuai dengan tema Hakordia 'Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju'. "Semoga Hari Anti Korupsi ini bukan hanya sekadar peringatan atau seremonial saja," ujar Handojo, Kepala PSO Bea Cukai Batam setelah kegiatan senam, dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi BATAMTODAY.COM, Jumat (6/12/2019).

"Ada istilah NKRI, Harga Mati! Maka sebagai pegawai kementerian Keuangan Integritas adalah harga mati," tambahnya.

Menurutnya sikap anti korupsi harus jadi pribadi Kementerian Keuangan. Sebagai bentuk komitmen memberantas korupsi KPU Bea Cukai Batam telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) pada tahun 2019 ini.

"Saya berharap predikat ini bukan hanya sekadar label, tetapi seluruh jajaran kantor dapat melaksanakan dengan sungguh-sungguh," ujar Susila Brata, Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam.

Kegiatan dilanjutkan dengan Customs Clean Up Day yang merupakan kegiatan peduli lingkungan dengan membersihkan lingkungan dan memungut sampah yang ada di sekitaran dermaga sampai dengan Taman Kolam Sekupang Batam.

Kemudian dilanjutkan dengan penebaran bibit ikan nila di Taman Kolam Sekupang Batam dan pemberian tong sampah sebagai bentuk peduli kepada Kelurahan Tanjung Pinggir.

Beberapa agenda lain seperti talkshow, upacara, beberapa perlombaan terkait dengan tema anti korupsi masih akan dilaksanakan sebagai bentuk rangkaian kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2019.

Editor: Gokli