5 Negara Dipastikan Ikut BKC Open Internasional Karate Championships 2019 di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 26-11-2019 | 08:28 WIB
007_BKC_OpenIKC04.jpg
Dari kanan Sulistyana Ketua BKC Batam, Andri Deleguete PB BKC, Surya Makmur Ketua Umum Panitia, Ayi Afrianto Technical Deleguete utama KBC, dan ujung kiri Jimi Herizal Seketaris Panitia. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandung Karate Club (BKC) Kota Batam akan menggelar Open Internasional Karate Championships 2019 yang ke-4 pada 27-30 November 2019 mendatang di Temenggung Abdul Jamal.

Lima negara dipastikan mengirim atlet handal dalam kejuaraan 2 tahunan ini, yakni Malaysia, Singapura, India, Nepal dan Bangladesh. Sementara 4 negara lainnya membatalkan ikut dalam kejuaraan, UEA, Brunai, Uzbekistan dan Jepang.

"Pada awalnya ada 10 negara yang akan ikut berpartisipasi dalam BKC Open Internasional Karate Championships. Tapi pada saat penutupan pendaftaran, 22 November, hanya ada 5 negara yang ikut dalam mengirimkan atletnya," ujar Surya Makmur,  Ketua Umum Panitia Pelaksanan BKC Open Internasional Karate Championships 2019, Senin (25/11/2019) sore, dalam konfrensi pers.

Namun yang membanggakan negara tetangga Malaysia terdiri dari 5 provinsi atau negara bagian dengan kualitas atlet yang diturunkan dan para pelatih cukup dikenal dunia karate. Surya mengatakan, dari materi atlit yang diturunkan serta daerah dan negara yang hadir sangat menjanjikan kualitas pertandingan yang bagus.

"Ada 722 peserta dari 54 kontingen, terdiri dari 9 kontingen luar negeri dan 45 kontingen dalam negeri, terdiri dari Sumsel, Sumut, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jambi, Sumbar, Riau, Babel, NTT, Bali, Kalsel, dan tuan rumah Kepulauan Riau. Ada peningkatan jumlah atlit dalam gelaran Open Internasional Karate Championships dibandingkan pada tahun 2017 lalu," ucap Surya dengan bangga.

Surya menambahkan, saat ini secara umum kepaniatiaan sudah menyiapkan berbagai persiapan dalam menyambut ratusan para atlit. Meskipun BKC Kota Batam menyadari anggaran yang sekarang tidak sebesar 2 tahun lalu dari Provinsi Kepri. Namun para pengurus dan seluruh panitia yang terlibat tetap semangat untuk mensukseskan event 2 tahunan.

"Kebanggan kami tentunya bisa memberikan dampak atau kontribusi pariwisata dan investasi jangka panjang serta image positif bagi Kepri, khusunya kota Batam dengan digelarnya Open Internasional Karate Championships 2019 yang ke-4," ujar Surya.

Sementara itu Ketua Pelaksanan sekaligus Ketua BKC Kota Batam, Sulistyana menambahkan Badung Karate Club, Pemerintah Kepri dan Kota Batam didalam event ini selaku penyelenggara bersama tim BKC sudah siap 100 persen dalam menyambut para atlit.

"Alhamdulilah berjalan dengan baik. Kami yakin dengan kinerja para penitia insyaallah berjalan dengan baik sesuai harapan. Harapanya event 2 tahun ini makin baik dari sisi peyelenggaraannya maupun mutu dari event itu sendiri. Dari segi peserta kualitas semakin tinggi dan jumlahnya juga sangat banyak. Kami sangat senang, Karena event ini semakin diminati oleh atlit yang berkualitas," pungkasnya.

Editor: Yudha