Sambut HUT ke-74 TNI, Kodim Batam Gelar Festival Musik dan Pameran Alutsista
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 04-10-2019 | 14:16 WIB
dandim-batam-ahmad-daud.jpg
Dandim 0316 Batam, Ahmad Daud Harahap. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-74, Kodim 0316 Batam adakan festival musik remaja dan pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsista) di Dataran Engku Putri, Teluk Tering, Batam Center. Kegiatan ini diadakan sejak hari ini, Jumat (4/10/2019) hingga Minggu (6/10/2019).

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0316 Batam, Ahmad Daud Harahap, mengatakan selain festival musik dan pameran senjata, turut diadakan beberapa kegiatan lainnya.

"Kita mengadakan beberapa kegiatan. Hari ini kita buka pameran, dan pembukaan festival band dalam rangka perayaan HUT TNI ke-74 di Provinsi Kepri. Di pusatkan pengadaannya di kota Batam," ujar Dandim, yang baru saja dilantik menggantikan Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, pimpinan sebelumnya.

Selain itu, lanjut Ahmad Daud Harahap, pada hari pertama ini seremonial pembukaan acara telah dilaksanakan. Namun sebelumnya juga telah diadakan kegiatan lain berupa karya bakti, donor darah, kemudian perbaikan rumah-rumah bagi para anggota veteran serta ziarah ke makam-makam pahlawan.

"Saat itu, pada hari ini juga kita adakan pameran Alutsista. Kita pamerkan beberapa Alutsista yang kita miliki, khususnya yang ada di kesatuan-kesatuan yang ada di provinsi Kepulauan Riau. Baik di Tanjung Pinang, Batam kemudian juga Tanjung Balai Karimum," paparnya.

Sementara itu, untuk semua kesatuan yang ada di Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama kita pusatkan di sini, baik itu Angkatan Darat Angkatan Laut, Angkatan Udara.

"Hal lainnya, juga turut hadir beberapa intansi lain yang kita undang juga. Seperti Polda Kepri, dan Polresta Barelang, turut berpartisipasi untuk pameran ini, sehingga masyarakat bisa terhibur," terangnya.

Adanya pameran Alutsista ini menurut Ahmad Daud adalah salah satu bentuk pertanggung jawaban TNI kepada masyarakat. Karena baginya Alusista ini dibeli dari pajak negara atau uang rakyat yang diberikan pemerintah kepada TNI. Sehingga masyarakat juga kayak melihatnya.

"Sehingga dengan alat ini kita siap menjaga kedaultan negara. Tak ada tawar menawar, TNI siap menjaga kedaulatan NKRI. NKRI harga mati. Walau begitu kami juga meminta saran dan koreksi kepada seluruh elemen masyarakat, baik juga dari pemerintah, masyarakat luas secara umumnya, sehingga TNI bisa lebih giat lagi ke depannya. Sehingga hal-hal yang negatif akan kita koreksi seminimal mungkin," tegasnya.

Editor: Dardani