Nyaris Terjadi Tabrakan Beruntun Akibat Karhutla di Duriangkang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 21-09-2019 | 17:28 WIB
karhutla-duriangkang1.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di hutan lindung Duriangkang, Sabtu (21/9/2019) siang, sempat mengundang perhatian para pengendara yang melintas di jaan raya dengan Mega Legenda, Batam Centre.

Para pengendara pun berbondong-bondong menepikan kendaraannya di badan jalan, yang hanya berjarak beberapa meter dari lokasi kebakaran. Tidak berhenti di situ saja, para pengendara pun terihat buru-buru mengeluarkan ponsel pintarnya untuk mendokumentasikan karhutla tersebut.

Aksi para pengendara inipun hingga membahayakan pengguna jalan lainnya. Karena kabut asap yang pekat hingga jarak pandang hanya berkisar 5-8 meter, para pengguna jalan hampir mengalami kecelakaan beruntun.

"Iya, tadi pukul 11 lewat. Sempat juga hampir kecelakaan beruntun, gara-gara ada pengendara yang tiba-tiba menepikan kendaraannya," kata Agus, salah seorang warga Mega Legenda, di lokasi.

Namun, tidak berselang lama pihak Lantas Polresta Barelang datang ke lokasi untuk melancarkan arus lalu lintas.

"Sesudah Polisi datang, arus lalu lintas mulai berjalan lancar walaupun kendaraan berjalan cukup pelan karena asapnya tebal sekali," tegasnya.

Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, di lokasi yang berbeda mengungkapkan, akibat dari Karhutla tersebut, hutan seluas 2 hektar lebih hangus terbakar. Melihat hal tersebut pihaknya langsung mengambil tindakan antisipasi agar titik api tidak meluas.

"Kami turunkan 20 personil gabungan Karhutla Polda Kepri dan Polresta Barelang, dan 2 unit AWC untuk memadamkan dibantu dengan Pemko Batam dan BP Batam. Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, dugaan sementara akibat cuaca yang sedang panas," tegasnya.

Editor: Yudha