Hari Pertama, Sholat Jumat di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Penuh
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 20-09-2019 | 14:16 WIB
sholat-jumat-pertama-masjid-sultan.jpg
Jama'ah di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari pertama pembukaan masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Kecamatan Batuaji, Kota Batam, dipenuhi oleh lautan manusia, lengkap dengan atribut putih-putih, Jumat (20/9/2019).

Pada pembukaan itu, terhitungan puluhan lebih umat muslim berbodong-bodong datang menuju masjid kebanggaan warga Batam ini.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kepadatan terjadi di jalan utama menuju lokasi masjid. Sementara dari kejauhan lautan putih manusia terhampar menandakan antusiasme dan kebanggaan mereka akan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Diungkapkan oleh Walikota Batam M. Rudi, masjid ini diberikan nama Sultan Mahmud Riayat Syah dikarenakan agar warga Batam sendiri selalu mengingat atau mengenang jasa-jasa para pahlawan.

"Masjid ini sengaja kita beri nama Sultan Mahmud Riayat Syah agar kita juga senantiasa mengingat jasa-jasa parah pahlawan yang ada di negeri kita ini," ujarnya di sela pemberian pidato sambutan.

Adanya nama Sultan Mahmud merupakan keuntungan tersendiri bagi pariwisata Batam, nama pahlawan asli Melayu ini juga dikenal hingga ke negeri tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini tentunya akan turut mendongkrak pariwisata.

"Kita dari Malay, tapi juga mengenal pahlawan yang namanya dijadikan masjid ini. Kita senang melihat masjid yang indah ini," ujar Nor Fadzli salah seorang wisman asal Malaysia yang datang ke Masjid Sultan Mahmud.

Kedatangan wisman pada hari pertama pembukaan ini, semakin menambah padatnya keramaian orang-orang di Masjid Sultan Mahmud. Wakapolsek Batuaji, AKP M Said saat berada di area depan Masjid Sultan Mahmud menemani para pengatur arus lalulintas jalan dan parkiran mengatakan, kepadatan ini tak hanya di jalan semata, bahkan hingga ke dalam wilayah masjid.

Ia menuturkan, hampir puluhan ribu lebih warga baik dari dalam Kota Batam, luar kota maupun luar negeri berdatangan untuk menyaksikan momentum peresmian pembukaan Masjid Sultan Mahmud untuk umum.

"Wah ini puluhan ribu lebih ada yang datang. Macet tak hanya di jalan, tetapi menuju area dalam masjid juga," terangnya.

Editor: Dardani