Tetap Jaga Hubungan Antar Sesama Manusia

Ceramah di Lapas Barelang, UAS Ajak WBP Banyak Berdoa
Oleh : Hendra
Kamis | 19-09-2019 | 13:16 WIB
uas-barelang.jpg
UAS usai ceramah di Lapas Barelang, Kota Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di bawah terik panas matahari Batam pukul 11.00 WIB, Kamis (19/9/2019) siang ini, ribuan lebih warga binaan pemasyarakat (WBP) Lapas Kelas IIA Barelang, Batam terlihat serius mendengarkan ceramah ustad kodang Abdul Somad alias UAS.

Sesekali para warga pemasyarakat itu terlihat buncah tertawa, karena UAS dalam ceramah terkadang sering menggambarkan konteks pembahasan dengan analogi-analogi yang lucu atau jenaka.

Seperti analogi yang dia kisahkan, tentang orang-orang yang mencari kebahagian dalam hidup mereka, namun jauh melenceng di luar konteks hidup keagamaan atau ketuhanan.

"Yang dicari orang dalam hidup kan ketenangan. Tetapi ada yang mencarinya dalam bentuk lain, mereka coba dengarkan dangdut, tak juga kenang, lagu metal tak juga tenang, akhirnya minum pil anjing gila dan dapat ketenangan semu saja. Habis itu OD dan meninggal, tenang lah selamanya," ujar UAS bercerita dalam ceramahnya disambut riuh tawa warga binaan dan juga beberapa tamu dari ibu-ibu pengajian yang turut hadir di lapangan Lapas Barelang.

Terkadang hal-hal sederhana disampaikan UAS dalam ceramahnya dengan cara yang menggelitik perut, hingga tawa membuncah dan kita semua terhibur. UAS hanya mengatakan, carilah kebahagian di jalan tuhan, jalan yang diridai keselamatan dunia dan akhirat.

"Mencari kebahagian, mintalah sama tuhan. Banyak-banyak berdoa dan berdzikir. Namun, jangan juga ketika ada Kalapas datang mengobrol kalian tetap berdzikir, balas oborolannya, hablum minallah jalan hablum minannas juga jalan," ajaknya dalam ceramah berdurasi 1 jam tersebut.

Editor: Gokli