Menyalahi Fungsi, Posko Ormas di Air Mas Dibongkar Sendiri, di Kavling Baru Masih Berdiri
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 18-09-2019 | 09:04 WIB
posko-ormas.jpg
Posko ormas di Kavling Baru masih berdiri. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua posko organisasi masyarakat (Ormas), yang sebelumnya menjadi perhatian warga karena diduga diperuntukkan untuk hal yang berbeda, kini mengalami dua sisi berlawanan.

Hal ini diketahui setelah posko ormas yang berada di jalur utama perumahan Air Mas, tidak jauh dari jalan umum Kecamatan Sagulung telah dibongkar sendiri oleh pemilik ormas. Namun posko ormas yang lainnya di kawasan berbeda masih tetap berdiri kokoh.

Posko ormas tersebut persis berada di depan jalan utama Kavling Baru, Kecamatan Sagulung. Warga setempat telah meminta kepada pemerintah Kecamatan Sagulung agar posko itu dipindahkan, atau dibongkar sendiri seperti yang di depan perumahan Air Mas.

"Posko yang di jalur utama sudah dibongkar sendiri. Tapi kenapa yang di depan jalan utama Kavling Baru itu tak kunjung dibongkar," ujar Andri, warga sekitar, Selasa (17/9/2019).

Ia juga mempertanyakan, apakah pihak pemerintah aktif dalam memantau pembangunan yang lari dari kenyataan atau proposal pengajuan pendirian bangunan di awal.

Warga pun meminta posko tersebut juga harus ditertibkan, supaya tak ada kesengajaan sosial di antara masyarakat sekitar. "Kita tak masalah ada pembangunan di Sagulung ini, akan tetapi sesuai prosedur yang ada. Lagian posko itu sudah menyalahi aturan. Disebutkan posko tapi ada permainan di dalam poskonya," ujar salah seorang warga lainnya.

Sementara, Kasi Trantib Kecamatan Sagulung, Jamil saat dikonfirmasi awak media mengatakan, belum ada arahan untuk penertiban posko yang satu laginya. Akan tetapi pihaknya telah melayangkan surat pernyataan kepada ketua PAC ormas tersebut.

"Belum ada penertiban. Tapi sudah kita surati mereka dengan melayangkan surat pernyataan kepada ketua PAC Ormas tersebut," bebernya.

Kemudian, jika nantinya pihak ormas tetap membangun posko tersebut, tidak dipermasalahkan asal jangan menjadi arena permainan atau melenceng dari fungsional awal. Pasalnya, nanti ada kecemburuan sosial di antara warga sekitar.

"Kalau memang tempat itu dibangun untuk posko, janganlah dibuat arena permainan di dalam posko tersebut. Dikhawatirkan akan ada kecemburuan sosial di antara warga sekitar," ungkap Jamil, Selasa (17/9/2019).

Ia juga menyampaikan, sementara itu pihak ormas yang di Air Mas sudah menepati janjinya untuk membongkar posko yang berada di jalur utama. "Mereka kooperatif kok dengan membongkar sendiri poskonya itu. Tetapi untuk posko yang berada di Kavling Baru itu, akan terus kita pantau," tegasnya.

Editor: Chandra