Pemeriksaan Hari Kedua di Batam

Ini 6 Orang Pejabat Pemprov Kepri yang Diperiksa KPK di Mapolresta Barelang
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 20-08-2019 | 12:52 WIB
pejabat-nurdin.jpg
Asisten II Pemprov Kepri, Samsul Bahrum memenuhi panggilan penyidik KPK di Mapolresta Barelang, Selasa (20/8/2019). (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, kembali menjalani pemeriksaan oleh Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, di Unit IV Satreskrim Polresta Barelang, Selasa (20/08/2019).

Pantauan di lokasi, hingga pukul 12.00 WIB, Satreskrim Polresta Barelang tampak dijaga ketat oleh petugas Kepolisian. Sementara itu sejak pagi, dua orang pejabat tampak sudah memenuhi panggilan dari penyidik KPK.

Di mana Asisten II Bidang Perekonomian Pemprov Kepri, Samsul Bahrum tampak mendatangi Mapolresta Barelang sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian disusul Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pemprov Kepri, Tagor Napitupulu yang terlihat datang sekitar pukul 09.30 WIB.

Sementara itu, Juru Bicara KPK RI, Ferbri Diansyah menjelaskan pada hari kedua pemeriksaan ada 5 Kepala Dinas di lingkungan Pemprov Kepri yang menjalani pemeriksaan. Di mana para Kepala Dinas ini, diperiksa masih terkait dengan izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kepri tahun 2018/2019.

Selain kasus suap izin reklamasi yang menjerat, Nurdin Basirun, juga diduga menerima setoran dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

"Hari ini ada total 6 pejabat Pemprov yang diperiksa di Polresta Barelang, tetapi semuanya masih berstatus saksi," ujarnya saat dihubungi, Selasa (20/08/2019).

Berikut data keenam pejabat Pemrov yang menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK:

1. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemprov Kepri, Misni;

2. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Kepri, Burhanudin;

3. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Kepri, Tagor Napitupulu;

4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil, Sardison;

5. Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kepri, Tjetjep Yudiana; dan

6. Asisten II Setda Provinsi Kepulauan Riau, Samsul Bahrum.

Editor: Gokli