Luar Biasa, Cara-cari Ini Bisa Memutihkan Kulit Belang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 02-08-2019 | 09:04 WIB
ilustrasi-kulit-belang.jpg
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Liburan atau jalan-jalan ke pantai membuat kulit belang, maka banyak orang yang mencari tahu untuk cepat memutihkan kulit yang belang, karena paparan sinar matahari.

Penelitian yang diterbitkan oleh American College of Physicians’ Annals of Internal Medicine 2013 lalu menekankan pentingnya penggunaan sunscreen setiap hari untuk mencegah kulit belang dan risiko terkena kanker kulit. Terkadang kita lupa atau bahakan malas memakainya, sehingga kulit jadi belang dan gelap.

Apalagi saat ke pantai, kulit belang makin parah.

Namun dengan mengikuti tips memutihkan kulit yang belang ini bakal bikin tidak khawatir lagi, berikut caranya dilansir dari Suara.com.

1. Lulur bengkoang yang kaya vitamin C bisa meratakan warna kulit yang belang

Cara memutihkan kulit yang belang bisa dengan bengkoang. Terkenal bisa mencerahkan sejak zaman dulu, kulit belangmu bisa di atasi dengan lulur ini. Caranya dengan memarut satu buah bengkoang, peras, dan ambil airnya. Setelah itu diamkan semalaman dan gunakan endapan sari tersebut untuk luluran di area kulit yang belang.

2. Beras dapat mencerahkan wajah karena punya kandungan vitamin B1 yang tinggi

Bahan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia ini memang sudah terkenal dapat mencerahkan wajah. Vitamin B1 di dalamnya bisa mencerahkan wajah dengan cepat. Kamu bisa menggunakan tepung beras atau menumbuknya sendiri. Lalu tambahkan air hangat dan oleskan ke bagian kulit yang belang selama 1 jam.

3. Scrub pisang dan madu bisa dijadikan perawatan untuk kulit belang

Pisang dan madu dipercaya bisa mencerahkan wajah. Kamu bisa membuat scrub dengan bahan-bahan ini untuk mendapatkan kulit yang rata. Ambil satu buah pisang dan lumatkan, lalu campur dengan madu. Gunakan ramuan ini untuk scrub di bagian yang belang dan diamkan selama 30 menit.

4. Susu mengandung asam laktat yang bisa mengangkat sel kulit mati

Susu sudah sejak lama digunakan sebagai cara memutihkan kulit yang belang. Kandungan asam laktat di dalamnya ampuh mengangkat sel kulit mati. Siapkan susu murni dan oleskan ke kulit dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Kandungan curcumin pada kunyit dipercaya bisa mencerahkan kulit secara alami

Rempah berwarna kuning ini ampuh mengatasi kulit yang belang. Kandungan curcumin dan antioksidannya dapat mencerahkan secara efektif. Kamu hanya perlu memarut beberapa rimpang kunyit dan oleskan ke bagian kulit yang belang. Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

6. Vitamin C dalam jeruk nipis ampuh atasi masalah kulit tidak rata

Cara memutihkan kulit yang belang lainnya adalah dengan jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang tinggi dan senyawa alami untuk mencerahkan dapat membuat kulit lebih rata. Tinggal peras jeruk nipis dan ambil airnya. Setelah itu oleskan di bagian kulit yang belang selama 30 menit.

7. Gel lidah buaya punya kandungan antrakuinon yang dapat memutihkan kulit

Gel lidah buaya sudah terkenal dalam dunia kecantikan untuk memutihkan kulit. Kandungan di dalamnya dapat mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Sensasi terbakar karena sengatan matahari juga dapat ditenangkan dengan bahan ini.

Kamu tinggal mengoles gel lidah buaya ke kulit selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Kalau tidak ada lidah buaya asli kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang di jual di pasaran dan tinggal mengoleskannya ke kulit yang diinginkan.

8. Vitamin A dan E dalam tomat dapat mencerahkan dengan efektif

Selain bisa mengatasi masalah jerawat, tomat juga dapat mencerahkan kulit yang belang karena punya kandungan vitamin A, E, dan likopen yang bisa memerangi radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati.

Kamu tinggal haluskan satu buah tomat dan oles ke bagian yang diinginkan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan mengoles lotion pemutih atau sunscreen untuk mencegah kulit lebih gelap.

Berbagai cara memutihkan kulit yang belang ini bisa kamu coba di rumah. Harga bahan bakunya murah dan yang jelas tidak punya efek samping karena terbuat dari bahan alami.

Cara alami dan tidak mahal atasi kulit belang karena paparan sinar matahari, atasi dengan tips memutihkan kulit di atas. Penampilan jadi lebih maksimal dengan kulit yang putih merata.

Itulah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit belang, selamat mencoba!

Editor: Chandra